Bogor (Antaranews Megapolitan) - Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Communication Day yang bertajuk “Express Your Agricreation with A Great Passion” (26/05). Communication Day adalah kegiatan besar tahunan Departemen SKPM yang mengkolaborasikan kreativitas mahasiswa dan mengintegrasikan lima mata kuliah favorit pada komunikasi, yakni Dasar-Dasar Komunikasi, Komunikasi Massa, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Kelompok, dan Media Siaran.

Acara bertempat di Graha Widya Wisuda (GWW) dan dihadiri oleh 1.400  mahasiswa lintas angkatan dan departemen yang mengikuti mata kuliah -mata kuliah favorit tersebut

Pada kesempatan tersebut Dr. Ir. Arya Hadi Dharmawan, M.Sc selaku Ketua Departemen SKPM memberikan sambutan dan apresiasinya kepada seluruh mahasiswa sekaligus membuka acara Communication Day 2018.

“Hari ini kita memasuki era industri 4.0 dan era komunikasi digital. Tidak hanya komunikasi publik antar muka tetapi sudah bercampur dengan komunikasi di ruang virtual. Saya ingin Departemen SKPM ikut serta mengembangkan komunikasi virtual ini. Saya kira acara ini adalah sebuah karya fenomenal. Departemen SKPM akan terus mendukung kreativitas dan semangat mahasiswa dalam mengembangkan komunikasi untuk peradaban yang lebih baik di negeri ini,” terang Arya.

Dalam kegiatan tersebut, setiap perwakilan mata kuliah menampilkan berbagai macam jenis karya. Mulai dari drama musikalisasi yang mengandung pesan bagaimana cara pengorganisasian kelompok dan komunikasi pengembangan, presentasi bisnis karya mahasiswa IPB, presentasi media komunikasi seperti iklan layanan masyarakat ataupun media-media komunikasi cetak (koran, tabloid), dan musikalisasi puisi.

Asri Sulistiawati S.KPM, M.Si selaku koordinator kegiatan berharap mahasiswa dapat mengambil pesan-pesan tersirat dari setiap karya yang ditampilkan.

“Komunikasi kami adalah komunikasi pembangunan yang berbeda dengan komunikasi di universitas lainnya. Sehingga misi dari kami dalam menyampaikan pesan-pesan dalam setiap tema dari berbagai jenis karya adalah bermuatan komunikasi pembangunan seperti inovasi, pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan masyarakat,” jelas Asri.

Prof. Dr. Ir. Soemardjo, MS selaku Kepala Divisi Komunikasi dan Penyuluhan SKPM berharap ke depan kegiatan Communication Day dapat menjadi ajang promosi IPB dan Departemen SKPM kepada masyarakat luas.

“Kegiatan ini sangat meriah sekali. Tahun ini pertama kalinya diadakan di GWW. Harapannya ke depannya dapat dikaitkan dengan promosi IPB dan Departemen SKPM serta dapat diadakan lebih besar lagi sehingga IPB dapat lebih dikenal masyarakat luas,” harap Prof Soemardjo. (UAM/Zul))

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018