Bekasi, 23/1 (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, membutuhkan sekitar 50 ribu lebih karung guna membersihkan sampah dari pemukiman waga di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih.

"Untuk membersihkan lumpur di Jalan Utama Pondok Gede Permai (PGP)Raya saja butuh 6.000 karung dengan bobot 40 kilogram," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Momon Sulaiman, dalam kegiatan kerja bakti bersama pegawai Pemkot Bekasi di PGP, Rabu.

Menurut dia, untuk membersihkan total 1.200 rumah di PGP membutuhkan 50 ribu lebih karung untuk mengangkut sampah rumah tangga dan endapan lumpur.

Kebutuhan karung, kata dia, dibutuhkan petugas kebersihan mengingat sulitnya akses truk sampah untuk masuk ke lokasi banjir terparah pada 18 dan 19 Januari 2013.

"Truk sampah Dinas Kebersihan sulit masuk karena terjebak macet di simpang Pasar Rebo Jalan Pekayon-Pondok Gede," katanya.

Menurut dia, Pemkot Bekasi melalui Dinas Binamarga dan Tata Air hanya mampu menyediakan 6 ribu karung. Sedangkan sisanya didatangkan dari bantuan pemerintah pusat.

Pantauan ANTARA di lokasi melaporkan, sampah yang diangkut para PNS dari 44 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) itu mulai dari sampah tanaman hingga perabot rumah tangga.

Karung-karung itu diangkut menggunakan baktor dan didrop di sejumlah titik pengangkutan truk sampah.

Sebanyak satu unit kendaraan pemadam kebakaran juga dilibatkan dalam aktivitas membersihkan jalan.



Andi F

Ilustrasi : foto metrotvnews.com

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2013