Bogor (Antaranews Megapolitan) - Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor (Fema IPB) menggelar Forum Ilmiah IKK bertajuk “Riset Terkini Perilaku Konsumen dalam Perspektif Literature Review” di Ruang Jati, Sekolah Bisnis,  Kampus IPB Gunung Gede, Rabu (16/5). Forum ini menghadirkan pembicara Guru Besar Departemen IKK,  Prof. Ujang Sumarwan.

Pada forum ilmiah tersebut, Prof. Ujang menampilkan data-data hasil analisis dari perilaku konsumsi di Indonesia, mulai dari kebiasan makan sampai merokok.

“Saat ini pengeluaran orang Indonesia untuk makanan masih lebih besar daripada yang lainnya yaitu sebesar 63,87 persen. Ini membuktikan bahwa orang Indonesia masih mementingkan makanan dan minuman. Tercatat ada 14 jenis kelompok makanan/bahan penyegar yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, yaitu padi-padian, umbi-umbian, ikan/udang/cumi/kerang, daging, telur dan susu, sayur-sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, minyak dan kelapa, bahan minuman, bumbu-buan, konsumsi lainnya, makanan dan minuman jadi, rokok dan tembakau. Sebanyak 14 persen pengeluaran digunakan untuk merokok di kalangan orang kaya maupun orang miskin. Angka ini lebih besar dibanding untuk memenuhi kebutuhan protein,” ujar Prof. Ujang.

Prof. Ujang juga menyampaikan bagaimana tren konsumsi masa kini yang dirasakan oleh generasi-generasi milenial.

“Banyak tren-tren konsumsi masa kini yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti budaya, teknologi, kebiasan, dan lingkungan sosial. Salah satu fenomena perilaku konsumen saat ini adalah kebiasaan membaca label suatu produk, dimana dalam riset saya yang berjudul “Meta-Analysis Study : Reading Behavior of Food Products Label”,  perempuan lebih banyak membaca label dengan alasan kesehatan dan ingin mengetahui kandungan gizinya,” jelas Prof Ujang.

Sementara itu, Sekretaris Departemen IKK Fema IPB, Alfiasari SP, M.Si menjelaskan bahwa Forum Ilmiah IKK  IPB bertujuan untuk mensosialisasikan topik-topik pembelajaran dan keilmuan yang didiskusikan dan diteliti di IKK, sekaligus mengupas riset-riset terkini terkait perilaku konsumen di Indonesia.

“Perilaku konsumen merupakan teori besar yang memiliki banyak aspek dan pendekatan untuk mengupas fenomena perilaku konsumen di Indonesia. Forum ilmiah IKK yang kedua ini khusus untuk mempublikasikan riset-riset perilaku konsumen terkini, ” ujar Alfiasari. (UAM/ris)

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018