Bogor (Antaranews Megapolitan) - Keberhasilan program inkubasi tenant yang tergabung dalam Inkubator Bisnis (IncuBie) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) mencapai 83 persen. Hal ini disampaikan oleh Kepala Incubie LPPM IPB, Dr.Ir. Rokhani Hasbullah saat menerima Kunjungan Incubator Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ke Incubie IPB (17/4).

“Tingkat keberhasilan program inkubasi tenant mencapai 83 persen. Keberhasilan tenant diukur berdasarkan Key Performance Indicator (KPI) yang meliputi peningkatan kapasitas produksi, peningkatan omset, pembukuan usaha, legalitas usaha dan sertifikasi produk, peningkatan jumlah tenaga kerja, dan perluasan wilayah pemasaran,” ujar Dr. Rokhani.

Dalam diskusi, Dr. Rokhani menjelaskan program pengembangan kewirausahaan di IPB dan alur komersialisasi hasil-hasil riset di IPB serta tata kelola Inkubator Bisnis dalam program inkubasi terhadap tenant startup.

Incubie secara struktur organisasi di IPB berada di bawah LPPM yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor. Pembiayaan program inkubasi di Incubie dilakukan secara mandiri (self finance) dari hasil menjalin kerjasama dengan stakeholders.

Program inkubasi dilakukan selama 2-3 tahun diawali dengan melakukan kontrak perjanjian dengan tenant terkait dengan hak dan kewajiban. Kegiatan inkubasi mencakup pelatihan (kewirusahaan, kepemimpinan, teknis produksi, disain kemasan, keuangan, pemasaran, manajemen usaha), mentoring pengembangan usaha, asistensi pengurusan legalitas usaha, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI), penyusunan business plan, pengembangan dan pengujian mutu produk, pengurusan ijin edar (PIRT, MD, PD), sertifikasi halal, dan lain-lain, serta pengembangan jejaring bisnis ke lembaga keuangan, investor, pasar, supplier, dan sebagainya.

Beberapa tenant yang dipamerkan dalam kunjungan ini adalah Saesha Mask, Chick’n Tea, Palaboo, Bearkery, Banduri (olahan bandeng) dan Beras Pratanak.

Ketua LPPM UNY, Dr.H. Suyanta sekaligus pemimpin rombongan yang terdiri dari enam orang ini mengatakan bahwa mereka ingin belajar mengenai tata kelola dan pengembangan usaha di perguruan tinggi. Selain itu, mereka juga ingin mendapatkan pengalaman dari Incubie IPB  dalam hal tata kelola inkubator bisnis untuk pendampingan pengusaha pemula (Startup business).

“Kami berharap hasil kunjungan ini dapat menambah wawasan kami dalam meningkatkan peran inkubator bisnis LPPM UNY dalam menginkubasi startup di DIY Yogyakarta,” ujarnya.[incuBie/Zul]

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018