Bogor (Antaranews Megapolitan) - Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) yang juga Rektor IPB Periode 1998-2002, Prof. Aman Wirakartakusumah raih “Lifetime Achievement Award” atau “Penghargaan Prestasi Seumur Hidup” dari Wisconsin Alumni Association (WAA). Penghargaan diberikan di Jakarta, (7/4) pada pertemuan Wisconsin Alumni Award Indonesia oleh President WAA Indonesia Mr. Jemmy Chayadi. Hadir dalam acara ini Prof. Sundaram Gunasekaran, Direktur Program Internasional, College of Agriculture and Life Sciences University of Wisconsin (UW), Madison, USA.

Penghargaan khusus ini diberikan hanya untuk pemimpin WAA yang memenuhi kriteria prestasi khusus yang ditentukan oleh WAA. Salah satunya adalah telah bertugas selama lebih dari 10 tahun dalam memberikan pelayanan kepada alumni University of Wisconsin-Madison secara sukarela dan sudah pensiun.

“Penghargaan “Lifetime Achievement Award” ini termasuk penghargaan yang baru mulai diberikan oleh WAA sejak tahun 2015, dan saya adalah orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan “Lifetime Achievement Award” ini dari WAA. Penghargaan  WAA  ini sangat khusus dan hanya dapat diberikan kepada pemimpin WAA yang memenuhi kriteria-kriteria prestasi yang ditentukan oleh WAA,” ujar Prof. Aman.

University of  Wisconsin memberikan “Lifetime Achievement Award”  ini didorong keinginan untuk menghargai semua jasa-jasa pelayanan kepada alumni Wisconsin di Indonesia. Prof. Aman mulai merintis dan memimpin WAA-Indonesia sejak tahun 1996-2002. Ia menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan University of Wisconsin-Madison dan hingga saat ini masih melayani sebagai anggota Advisory Board untuk UW-Madison International Division Program dan “UW Bridge Ambassador” dalam membantu informasi kepada para mahasiswa dan alumni.

Sebelumnya pada saat menjabat Rektor IPB, Prof. Aman  juga  pernah  mendapat penghargaan dari WAA tahun 1999 berupa “Distinguished Alumni Award”. Ini juga baru yang pertama kali diberikan ke alumni dari Indonesia saat itu.

“Saya berharap semoga jasa dan pelayanan yang diberikan kepada alumni Wisconsin bisa memberikan inspirasi kepada generasi muda alumni Wisconsin atau “Young Badgers” di Indonesia. Semoga lebih semangat berkarya di bidangnya masing-masing, menjalankan filosofi “Wisconsin Idea” di dalam hidup dan kehidupannya dengan aktif memberikan dampak positif kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ia berkomitmen akan terus mendukung penuh dengan cara menjadi mentor bagi pemimpin-pemimpin muda WAA di Indonesia. Ia siap menjembatani hubungan antara lintas generasi alumni Wisconsin di Indonesia dalam berkolaborasi, supaya WAA Indonesia bisa selalu meningkatkan pelayanan sebagai tempat para alumni Wisconsin untuk berkumpul, bersatu, dan berkarya untuk masa depan Indonesia dan kemanusiaan yang lebih baik.

Saat ini jumlah alumni Wisconsin asal Indonesia sudah lebih dari 1,000 orang, tersebar di seluruh pelosok Indonesia dan dunia.(**/Zul)

 

Pewarta: Oleh: Humas IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018