Bogor (Antaranews Megapolitan) - Mahasiswa Departemen Statistika Institut Pertanian Bogor (IPB), Dian Ayuningtyas dan Priscilla Yulia kembali mengharumkan nama IPB di tingkat nasional. Keduanya  mengikuti salah satu lomba di Jambore Statistika ke VII yakni Lomba Pekan Analisis Data yang diadakan di Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (22-24/3).

Dari berbagai rangkaian lomba yang ada seperti lomba essai hingga olimpiade statistika untuk anak SMA, Dian dan Priscilla mengikuti lomba cabang Analisis Data. Dengan tema lombanya yakni “Let’s Shining With Statistica”, keduanya berhasil melewati serangkaian tahap dalam perlombaan hingga akhirnya berhasil menduduki Juara 2 dalam Lomba Analisis Data tersebut.

“Awalnya dimulai dari babak penyisihan menjadi 15 tim, selanjutnya dari 15 tim tersebut bertanding pada babak final di Samarinda,” tutur Dian.

Terdapat dua tahap yang berlangsung dalam babak final, yakni mengerjakan soal terkait teori statistika dan presentasi hasil bahan yang telah dianalisis di babak penyisihan. Dian dan Priscilla memilih data ekspor Kalimantan Timur pada tahun 2000-2017 dalam presentasi tersebut.

Meskipun keduanya mahasiswa Statistika, tetap saja mengalami beberapa kendala dalam persiapan lomba. Terutama dalam belajar materi statistika yang harus mereka pelajari otodidak karena belum pernah didapatkan sebelumnya selama di perkuliahan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan strategi belajar yang diatur secara mandiri.

“Saya belajar materi multivariate, teori statistika dan peluang sedangkan Priscilla belajar non parametrik, metode statistik dan time series. Kita sengaja berbagi tugas untuk penguasan teori,” jelas Dian.

Tidak hanya lomba, Dian dan Priscilla juga mendapatkan bonus untuk bisa kenal Samarinda lebih dalam. Usai lomba, panitia Jambore Statistika juga menyediakan fasilitas kapal untuk menjelajah Sungai Mahakam.

Dian menyebutkan bahwa apapun bidang yang dipelajari, selama menyukai hal tersebut harus didalami sungguh-sungguh agar kelak tidak menyesal.

“Kalah atau menang urusan rezeki. Menang disyukuri, bahkan kalah pun juga dapat pengalaman luar biasa sambil menghabiskan jatah kalah di masa muda. Kalau sudah habis jatah kalahnya, pasti akan menang suatu saat,” tutup Dian dengan pesan bagi mahasiswa lainnya agar terus berkarya dan berprestasi. (NIN/Zul)

Pewarta: Oleh: Humas IPB/Dian Ayuningtyas dan Priscilla Yulia

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018