Depok (Antaranews Megapolitan) - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat dinilai mampu meningkatkan profesionalisme dan kinerja para jurnalis.

"Hasilnya tentu profesionalisme dan memahami batas kewenangan dan kelayakan wartawan itu sendiri serta memiliki pemahaman dan persepsi yang sama dengan aparatur pemerintah daerah di Kota Depok," kata Wali Kota Depok Muhammad Idris di UKW di Aula Perpustakaan Balaikota Depok, Rabu.

PWI Jawa Barat bekerjasama dengan PWI Kota Depok menggelar UKW Angkatan XVIII yang diikuti oleh 47 wartawan dari media cetak, online dan elektronik.

Para peserta bukan hanya berasal dari wartawan yang bertugas di Kota Depok saja tetapi juga dari berbagai daerah lainnya seperti Bekasi, Bogor, Tangerang Selatan, dan Semarang.

Wali kota berharap para wartawan nantinya juga dapat membantu menyukseskan program-program pembangunan bagi masyarakat.

Wali Kota Depok yang didampingi Kepala Diskominfo Kota Depok M. Sidik, memberikan dukungan dan apresiasinya terhadap kinerja PWI Perwakilan Kota Depok yang mampu menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan karena hal itu sangat berguna bagi wartawan dalam memahami UU Pokok Pers No.40/1999.

"Saya mendukung kegiatan tersebut karena bisa membantu para wartawan dalam meningkatkan kinerja dan profesionalisme," katanya.

Sementara itu Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi yang ikut hadir mengatakan, kegiatan UKW ini sangat penting bagi kalangan jurnalis.

UKW ini bertujuan agar wartawan memiliki komptensi yang baik dalam bidang keilmuan serta kode etik jurnalistik.

"Kami memang berharap seluruh wartawan di kabupaten dan kota se-Jabar secepatnya akan mengikuti UKW, khususnya wartawan anggota PWI," ujarnya.

Menurut Mirza, seluruh wartawan peserta UKW ini nantinya juga akan memperoleh sertifikat kelayakan dalam menjalankan profesi sebagai wartawan yang berkompetensi.

Ketua Panitia UKW angkatan ke XVIII, Fitra Ratory, mengatakan PWI Perwakilan Kota Depok menggelar kegiatan UKW angkatan ke XVIII Provinsi Jawa Barat selama dua hari yaitu 11 dan 12 April 2018.

Sementara itu acara penutupan UKW dilakukan oleh Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna. Ia mengatakan seharusnya seluruh wartawan di Kota Depok ikut UKW sebagai wujud dari profesionalitas kinerjanya.

"Kalau wartawan yang kompeten tentunya bekerja sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang berlaku," katanya.
 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018