Cikarang, Bekasi (Antaranews Megapolitan) - Bagian Humas pada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat terus melakukan optimalisasi maupun penyempurnaan kinerjanya dan berfungsi sebagai penghubung antara media dengan unsur yang ada pada pemerintahan.

"Humas memiliki peran yang sangat penting, apalagi di zaman sekarang yang serba digital dan segala macem bentuk platform media dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat," kata Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin di Cikarang, Selasa.

Menurut Bupati pada era digital seperti saat ini peranan humas cukup penting dalam menjalankan fungsi utamanya. Itu antaranya menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat yang menguntungkan organisasi atau lembaga

Selain itu juga sebagai jendela informasi bagi media massa yang hendak menjalankan kontrol sosialnya. Serta melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi. Dan memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasi setiap masalahnya.

Namun juga sebagai penyambung pesan yang ingin disampaikan pemerintah dapat sampai kepada masyarakat. Tetapi dalam upaya tersebut juga harus ada peran aktif dari setiap perangkat daerahnya.

Hal ini bertujuan agar program-program pemerintah khususnya Kabupaten Bekasi dapat tersampaikan dengan jelas kepada masyarakat.

Ia menambahkan dalam peranan humas mempunyai tujuan antaranya memberikan informasi sebanyak dan sejelas mungkin mengenai institusi, menciptakan kesadaran personil mengenai peran institusi dalam masyarakat, menyediakan sarana untuk memperoleh umpan balik dari anggotanya.

Tujuan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi humas. Maka dalam perkembangan pada era globalisasi humas harus bisa mengndalikan dan berupaya untuk menjadi lebih baik.

"ini akan terkesan memaksa, tetapi itu harus dilakukan dengan baik dan cermat. Tetapi masih pada regulasi maupun kebijakan dari pemerintah daerahnya," katanya.

Sementara itu,Staf Khusus Komunikasi Kepresidenan RI, Johan Budi menyampaikan bahwa Humas `zaman Now` harus mampu beradaptasi dan mengikuti perkembangan digital yang sangat cepat.

Pasalnya peranan humas harus dapat membuat publik (masyarakat) percaya sehingga masyarakat akan mendukung program-program yang dilaksanakan dan citra positif pemerintah daerah akan dapat terwujud.

Pewarta: Mayokus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018