Bogor (Antaranews Megapolitan) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menghadiri rapat kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

"Saya datang untuk menguatkan LIPI, memberikan dukungan. Tetapi dengan catatan tadi, harus ada luaran yang jelas," kata Asman.

Asman hadir sebagai pembicara kunci Raker LIPI yang menyampaikan arahan serta paparan bertema "Membangun tata kerja dan ketenagakerjaan Litbang Nasional".

Dalam paparannya Asmar menyebutkan Menpan RB mengarahkan agar birokrasi Indonesia tidak ketinggalan dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Pihaknya sedang mengkaji dan mengevaluasi sejumlah LPNK baik yang dibentuk oleh amanah undang-undang maupun peraturan pemerintah (perpres, permen) agar keberadaannya berfungsi sesuai dengan kebutuhan.

"Anggaran cukup besar (alokasi), kita coba audit lembaga ini, harapannya agar lembaga ini berorientasi pada hasil," ucapnya.

Audit ini lanjutnya sejalan dengan program Menpan RB yang sedang melakukan perbaikan sistem manajemen berbasis kinerja dan jelas hasilnya.

"Kita inginkan ke depan program yang dijalankan jelas luarannya," tutur Asman.

Rapat kerja LIPI mengangkat tema "Strategi LIPI untuk mendukung daya saing bangsa" dibuka secara resmi oleh Plt Kepala LIPI Prof Bambang Subiyanto.

Dalam rapat kerja tersebut Bambang memberikan catatan terkait adanya evaluasi struktur organisasi. Setiap satker di LIPI diarahkan sebelum dievaluasi, LIPI harus udah melakukan kebaharuan dalam strktur organisasinya.

Ia juga mengarahkan agar rekomendasi yang dihasilkan dalam rapat kerja bisa langsung dilaksanakan, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Rekomenasi dari rapat kerja LIPI juga dinantikan oleh Menpan-RB terkait evaluasi yang akan dilakukan.

"Juga kita informasikan akan ada pembentukan lembaga riset nasional, ini wacana pemerintah LIPI harus bisa mensinergikannya," ujar Bambang.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018