Situbondo, (Antaranews Megapolitan) - Seratusan rumah warga di Desa Pesisir, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terendam banjir rob dengan ketinggian 30 Cm hingga 50 Cm.
"Banjir rob terjadi pada Minggu (28/1) malam mulai sekitar pukul 20.00 WIB dan banjir air laut pasang tersebut merendam rumah warga tiga dusun di Desa Pesisir, Kecamatan Besuki," kata Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo Puriyono di Situbondo, Senin pagi.
Ia menyebutkan, seratusan rumah warga yang terendam banjir air laut pasang di tiga dusun itu yakni, Dusun Mandaran RT 02 RT 01 sebanyak 90 rumah (KK), Dusun Mandaran Karang Tambek RT 04 RW 01 sebanyak 10 rumah dan di Dusun Gudang RT 02 RW 02 sembilan rumah.
Saat petugas Pusdalops BPBD Situbondo ke lokasi banjir rob, katanya, rumah warga masih terendam banjir air laut pasang dan ketinggian air mencapai 30 Cm hingga 50 Cm.
"Kami (Pusdalops) melakukan upaya pemantauan tinggi gelombang perairan laut sepanjang Pantai di Situbondo, dengan mengerahkan personel Pusdalops BPBD dan relawan untuk assesment di titik-titik rawan bencana untuk mendapatkan informasi tentang kondisi lapangan dan kebutuhan warga yang mendesak," katanya.
Puriyono menambahkan, tingginya gelombang di wilayah barat Kabupaten Situbondo itu tidak hanya menyebabkan banjir air laut pasang, namun dua titik infrastruktur pelengsengan rusak barat.
"Titik satu pelengsengan rusak atau jebol dihantam gelombang sepanjang kurang lebih 15 meter dan di titik lainnya pelengsengan juga jebol sepanjang sekitar 10 meter," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto / Zumrotun Solichah

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2018