Bogor (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan peran perempuan sangat strategis dalam pembangunan bangsa, terutama di Kota Bogor membutuhkan sentuhan ibu untuk menyelesaikan berbagai persoalan sosial.

"Perempuan-perempuan hebat adalah perempuan yang membuat Indonesia jaya karena mereka berdaya," kata Bima dalam peringatan Hari Ibu ke-89 tingkat Kota Bogor, Jumat.

Bima mengatakan peran ibu dibutuhkan dalam membangun ketahanan keluarga. Sesuai arah pembangunan Kota Bogor menuju kota untuk keluarga dan kota untuk anak.

"Peran ibu ini sangat luar biasa membangun ketahanan keluarga, karena ponsisinya ada pada ibu yang berdaya membuat Bogor jaya," katanya.

Peringatan Hari Ibu tingkat Kota Bogor ditandai dengan upacara yang diikuti oleh kaum perempuan, baik sebagai komandan pasukan, dan lainnya.

Pada peringatan tersebut Bima membacakan arahan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise yang mengatakan hari ibu menjadi momentum sebagai refleksi dan renungan semua pihak tentang berbagai upaya yang dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.

Perjalanan panjang selama 89 tahun, telah mengantarkan berbagai keberhasilan bagi kaum perempuan dan kaum laki-laki dalam menghadapi berbagai tantangan global dan multidimensi, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender Indonesia.

"Perempuan dan Laki-laki juga mempunyai kesempatan yang sama, sebagai sumberdaya pembangunan sebagaimana target yang harus dicapai dalam tujuan pembangunan nasional, jangka menengah dan jangka panjang maupun tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan," kata Bima membacakan sambutan menteri.

Pada peringatan hari ibu tersebut kaum perempuan menunjukkan kebolehannya dalam bermain angklung. Lalu pembacaan puisi mengenai Hari Ibu oleh Kapolsek Bogor Tengah Kompol Syaifuddin Gayo.

Peringatan Hari Ibu dihadiri seluruh pejabat Pemkot Bogor, Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, Dandim 0606 Kota Bogor Doddy Suhadiman, Kejari Kota Bogor Yudi Indra Gunawan, Perwakilan Dandenpom III/1 Bogor, perwakilan Danlanud Atang Sanjaya Bogor, Tim Penggerak PKK Kota Bogor, Dharma Wanita Kota Bogor, Forum Koordinasi Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Ibu-Ibu yang tergabung dalam GOW Kota Bogor serta para pelajar.

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017