Bogor, 14/11 (ANTARA) - Sekitar 5.000 warga Kota Bogor, Jawa Barat, ikut memeriahkan Pawai Tarhib Akbar menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1434 Hijriah yang digelar Pemerintah Daerah setempat, Rabu.

Pawai Tarhib dimulai dari pukul 15.00 WIB, ribuan warga Kota Bogor memadati Plaza Balai Kota sebagai tempat awal dilepasnya peserta pawai.

"Pawai Tarhib ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bogor dalam menyambut tahun baru Islam," kata Kepala Bagian Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Bogor Dodi Achdiat.

Dodi menjelaskan, 5.000 peserta Tarhib Akbar berasal dari sejumlah kalangan seperti majelis ta'lim, organisasi Islam, BKPRMI, organisasi kepemudaan, dan para pelajar kota Bogor.

Tarhib Akbar adalah pawai keliling yang diikuti seluruh peserta umat Muslim dengan mengambil star dari Plaza Balai Kota di Jalan Juanda dan berakhir di Masjid Ar-Rahman Bantarjati.

Rombongan tarhib akan bertolak dari Balaikota Bogor dengan rute jalan Ir Djuanda, kemudian ke Jalan Jalak Harupat, ke Jalan Salak, Taman Kencana, masuk Jalan Pajajaran, dan berakhir Bantarjati.

"Pawai juga diisi ceramah agama yang bertindak sebagai penceramah adalah KH Djujun Junaedi," katanya.

Pawai Tarhib Muharam tahun ini mengangkat tema "Dengan Semangat Muharam 1434 H, Kita Tingkatkan Solidaritas Sosial Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani".

Menurut Dodi, dengan tema tersebut diharaakan dapat menginspirasi seluruh ummat Islam Kota Bogor untuk membangun pondasi solidaritas sosial yang kuat.

Sementara itu, selama pelaksanaan Pawai Tarhib, sejumlah jalan yang menjadi rute pawai ditutup sementara. Terutama jalan-jalan yang akan dilalui yakni mulai pukul 15.00 WIB hingga pukul 17.30 WIB
"Kami meminta maaf kepada masyarakat Kota Bogor karena akan ada penutupan jalan sepanjang rute tersebut," katanya.

Pawai Tarhib diikuti Wakil Wali Kota Bogor Ahmad Ru¿yat, Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretaeriat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman, dan pimpinan SKPD (Satuan Perangkat Daerah), camat dan para lurah se-Kota Bogor.

Tarhib dilepas Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Ahmad Sanukri, tepat pukul 16.00 WIB. Sebelum dilepas, ribuan peserta pawai menggelar doa bersama di Mesjid At Taqwa Komplek Balai Kota Bogor.

Pembacaan doa akhir tahun dipimpin langsung Ahmad Sanukri, seusai Ashar berjamaah. Seperti diketahui dalam ajaran Islam, bahwa setiap pergantian tahun Hijriah, umat Islam disunahkan untuk memanjatkan doa akhir tahun yang dilakukan seusai atau bada sholat Ashar. Selain itu juga umat Islam disunahkan membaca doa awal tahun seusai shalat magrhib

 

Laily R
 

Pewarta:

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012