Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Karawang, Jawa Barat, Teppy Wawan Dharmawan mengajak para pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan, karena pemuda merupakan pemilik masa depan.

"Pada momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini, mari kita sama-sama berperan dalam pembangunan, baik di daerah maupun nasional," kata Teppy di sela peringatan Hari Sumpah Pemuda di Karawang, Senin.

Ia menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengoreksi langkah Bangsa Indonesia mewujudkan target-target pembangunan menuju Indonesia Emas 2045.



"Saat ini Bangsa Indonesia tengah memperingati sebuah peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia yaitu Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928. Sebuah peristiwa, di mana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia," katanya.

Atas hal tersebut, kata dia, para pemuda harus berperan serta bersama pemerintah dalam pembangunan.

Adapun indikator kualitas kepemudaan pada tahun 2024, yakni Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) berada pada 56,33 persen.

Dilihat dari capaian itu, maka perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan masif di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di Karawang.



Pada momentum Hari Sumpah Pemuda tahun ini, Teppy juga mengajak seluruh pihak bersama-sama melakukan berbagai langkah untuk mengembangkan potensi pemuda.

Hal itu bisa dilakukan melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi serta membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda untuk berpartisipasi dalam seluruh dimensi pembangunan Indonesia sesuai dengan kompetensi masing-masing.

"Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas kontribusi positif segenap pemangku kepentingan yang telah dan terus memberikan pelayanan kepemudaan yang baik serta prestasi kontribusi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang pembangunan," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024