Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengajak segenap pemuda dan pemudi di daerah itu untuk mengambil peran strategis dalam mengisi pembangunan di berbagai sektor kehidupan.
 
Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2024 di Lapangan Plaza Pemkab Bekasi, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Senin.
 
"Peringatan sumpah pemuda ini menjadi momentum untuk mengajak seluruh pemuda daerah mengambil peran dalam pembangunan di berbagai bidang, karena pemuda merupakan bagian dari objek pembangunan sekaligus subjek pembangunan nasional," katanya.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi ajak pemuda bangun optimisme majukan Indonesia
 
Dia juga mengajak seluruh pemangku kepentingan seperti dunia usaha atau industri, masyarakat, media hingga perguruan tinggi untuk bergerak secara sinergis.
 
"Sehingga terbangun sistem pelayanan kepemudaan yang partisipatif yang mendukung tumbuh kembang pemuda yang maju, berkarakter dan berdaya saing," katanya.
 
Dedy mengingatkan semua unsur masyarakat untuk meningkatkan pelayanan kepemudaan. Pemerintah daerah pun berkomitmen menjalankan kebijakan yang berpihak pada pembangunan pemuda di Kabupaten Bekasi.
 
"Layanan kepemudaan ini diharapkan bisa terus meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) kita dengan penyesuaian di daerah masing-masing," katanya.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi serahkan penghargaan kepada pemuda berprestasi
 
Menurut dia, pemuda pada hakikatnya merupakan pemilik masa depan dengan pencapaian IPP terkini secara nasional di posisi 56,33 persen, 70 persen domain pendidikan, 65 persen kesehatan dan kesejahteraan serta 53,33 persen pada domain gender serta diskriminasi.
 
Kemudian dalam IPP turut tertera domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45 persen dan domain partisipasi serta kemungkinan sebesar 43,3 persen. Persentase ini mesti ditingkatkan dengan melakukan pemetaan potensi dan keunggulan pemuda.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024