Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak meraih predikat akreditasi "Unggul" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), menjadikannya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Pulau Kalimantan yang memperoleh akreditasi dengan peringkat tertinggi

"Untuk itu kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh sivitas akademika yang telah berkontribusi dalam mencapai akreditasi ini. Pencapaian ini merupakan hasil kolaborasi semua pihak, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, hingga mitra strategis," Rektor Untan Prof Garuda Wiko di Pontianak, Jumat.

Garuda Wiko mengatakan akreditasi ini bukan hanya sebuah capaian administratif, tetapi juga pengakuan terhadap kualitas pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat, yang terus ditingkatkan di kampus tersebut.

Menurutnya, pencapaian akreditasi Unggul merupakan langkah strategis untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Kalimantan. Ia berharap bahwa dengan status ini, Untan dapat lebih berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan Kalimantan Barat (Kalbar).

"Status Unggul ini diharapkan dapat mendorong Untan sebagai pusat inovasi di Kalimantan, memperkuat kualitas lulusan, serta menjawab kebutuhan tenaga kerja yang kompeten untuk pembangunan daerah," katanya.

Garuda juga mengumumkan bahwa Untan telah menambah delapan dosen dengan status guru besar dalam beberapa waktu terakhir. Penambahan guru besar ini, menurutnya, akan semakin memperkuat kapasitas akademik dan riset Untan.

"Dengan kehadiran guru besar yang baru ini, kami optimis dapat memperkaya kontribusi akademik Untan, khususnya untuk pembangunan berkelanjutan di Kalimantan Barat," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024