Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat melakukan asesmen atau penilaian terhadap kerugian atas kerusakan fasilitas Stadion Wibawa Mukti Cikarang imbas peristiwa angin puting beliung pada Senin (21/10) siang kemarin.
 
"Saat ini kami masih melakukan asesmen untuk menghitung kerugian dan mendata kerusakan yang terjadi di Stadion Wibawa Mukti," kata Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi saat meninjau stadion, Selasa.
 
Ia mengatakan setelah proses asesmen selesai, pemerintah daerah akan berupaya melakukan perbaikan meski tidak mampu terlaksana secara menyeluruh dikarenakan keterbatasan kemampuan keuangan daerah.
 
Pihaknya berencana mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah pusat melalui perangkat daerah terkait terlebih Stadion Wibawa Mukti juga sedang direnovasi oleh Kementerian PUPR saat musibah terjadi.

Baca juga: Puluhan rumah warga di Kabupaten Bekasi rusak diterjang puting beliung
 
"Karena kalau direnovasi sepenuhnya membutuhkan biaya yang cukup besar dan kami tidak akan sanggup membiayai keseluruhan perbaikan," katanya.
 
Dedy mengaku kondisi Stadion Wibawa Mukti Cikarang mengalami kerusakan cukup parah terutama pada bagian atap setelah diterjang angin puting beliung disertai hujan deras.
 
Peristiwa nahas tersebut berlangsung selama 30 menit mulai pukul 14.30-15.00 WIB. Berdasarkan informasi BMKG, kecepatan angin saat kejadian hampir mencapai 50 kilometer per jam. Beruntung tidak ada korban jiwa saat kejadian berlangsung.
 
"Kondisi lumayan parah, terutama di sisi tribun barat yang memang sangat terdampak dari sisi atap, besi dan lainnya. Namun, bersyukur pada saat kejadian tidak ada korban jiwa dan tidak ada kegiatan yang sedang berlangsung," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Bekasi bantu perbaikan rumah korban terdampak puting beliung
 
Dirinya berharap kerusakan Stadion Wibawa Mukti Cikarang dapat segera ditangani sehingga bisa dimanfaatkan dan dipergunakan kembali oleh masyarakat khususnya untuk penyelenggaraan ajang olahraga.
 
Pemerintah daerah melakukan koordinasi bersama pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di area stadion yang mengalami kerusakan dengan memasang garis polisi.
 
"Police line sudah dipasang jadi untuk sementara waktu Stadion Wibawa Mukti tidak bisa dipergunakan untuk kegiatan atau event olahraga," katanya.
 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan selain kerusakan fasilitas stadion, musibah angin puting beliung juga mengakibatkan seratusan rumah di satu desa dan kelurahan mengalami kerusakan.

Baca juga: Pemkab Bekasi gotong royong bantu warga terdampak puting beliung di Tambun Selatan
 
"Sesuai instruksi Pak Pj (Penjabat) Bupati Bekasi, kami sudah mendata masyarakat yang terkena dampak bencana angin puting beliung di dua wilayah sekitar," ucapnya.
 
Dari hasil pendataan didapatkan sebanyak 154 rumah mengalami kerusakan dengan rincian 22 rumah rusak di Kelurahan Sertajaya serta 132 rumah rusak di Desa Hegarmanah. Puluhan kios pedagang juga turut hancur tersapu angin.
 
"Tentu kami akan berupaya membantu semaksimal mungkin untuk bisa meringankan beban warga yang terdampak angin puting beliung kemarin," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024