Ratusan warga Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat antusias menyerbu sejumlah fasilitas pelayanan publik yang dihadirkan pemerintah daerah setempat melalui program 'Berkolaborasi Terus Melayani' atau Botram tingkat kecamatan.

"Pelayanan Botram sengaja dihadirkan untuk mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat secara mudah, efisien, tanpa dipungut biaya," kata Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam di lokasi, Minggu.

Pihaknya berkomitmen senantiasa hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan bahwa setiap elemen masyarakat bisa merasakan pelayanan publik yang prima dan merata.

"Semangat kolaborasi akan terus diupayakan Pemkab Bekasi dalam memberikan pelayanan yang prima, tertata dan merata bagi masyarakat sehingga mereka puas dengan hasil kerja nyata kita," katanya. 

Dia menjelaskan dari total 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi tersisa empat kecamatan saja yang belum menyelenggarakan kegiatan ini sehingga wilayah-wilayah tersebut dipastikan akan menjadi lokasi berikutnya.

Pihaknya juga berkomitmen menambah dan mengembangkan jumlah pelayanan terbaru sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Salah satunya dengan melibatkan pihak swasta agar pelayanan yang diberikan semakin beragam.

Menurut dia Botram tidak hanya sebagai akses pelayanan publik namun mampu meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPM) karena memberikan kemudahan dan kebermanfaatan untuk mengurus berbagai keperluan dalam satu lokasi kegiatan.

"Maksud adanya program Botram tentu memberikan pelayanan lebih mudah, masyarakat yang tinggal jauh dari tempat pelayanan publik tidak perlu jauh-jauh mengurus dokumen, kini lebih dekat, gratis. Hal ini mampu menaikkan IPM kita juga," ucapnya.

Jaoharul menyebut selain menghadirkan pelayanan bersifat administratif seperti permohonan dokumen kependudukan, BPJS, SIM-SKCK, kartu kuning, perizinan dan lain-lain dengan lebih dari 40 jenis pelayanan, Botram juga memberikan pelayanan bersifat pemenuhan informasi.

"Lengkap Botram Kabupaten Bekasi, masyarakat tidak hanya mendapatkan pelayanan administrasi publik tapi juga informasi serta edukasi dari berbagai dinas terkait seperti perpajakan dan perbankan, pasar kerja, mitigasi bencana, dan masih banyak lagi," katanya.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula penyerahan santunan anak yatim dari Baznas Kabupaten Bekasi yang diberikan langsung oleh jajaran pemerintah daerah setempat.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024