Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, telah membangun 80 unit rumah tinggal sanitasi sehat atau 'rutisae' bagi para penerima manfaat di 23 kecamatan di daerah itu.
 
Ketua Baznas Kabupaten Bekasi Samsul Bahri mengatakan pembangunan puluhan unit rutisae sepanjang tahun 2024 itu diwujudkan melalui program Bekasi Peduli.
 
"Renovasi Rutisae 2024 sudah mencapai 80 titik pembangunan di seluruh kecamatan di Kabupaten Bekasi. Jumlah tersebut sesuai target kami tahun ini," katanya di Cikarang, Selasa.
 
Baca juga: Baznas Kabupaten Bekasi bantu modal usaha pada 50 penyandang disabilitas
Baca juga: Baznas Kabupaten Bekasi serahkan bantuan perbaikan rumah dan toilet ke warga Karangsatu
 
Ia menjelaskan penerima manfaat program ini telah memenuhi sejumlah persyaratan meliputi kondisi rumah tidak atau belum memenuhi unsur keselamatan bangunan.
 
Kemudian melampirkan surat keterangan tidak mampu dari aparatur perangkat wilayah setempat, memiliki legalitas tanah hak milik secara jelas serta persyaratan dokumen administrasi kependudukan lain yang dibutuhkan.
 
"Ada hal-hal penting yang perlu dipahami bahwa kami diberikan amanat membantu masyarakat yang memang kondisi rumahnya tidak layak huni, namun berdiri di atas tanah hak milik atau tanah waris dibuktikan dengan tanda tangan para ahli waris," katanya.
 
Baca juga: Kabupaten Bekasi jadi tuan rumah rakor pengelolaan dana umat Baznas se-Jabar
 
Para calon penerima manfaat program ini juga telah melewati proses survei oleh Baznas Kabupaten Bekasi untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan.
 
Samsul berharap program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat penerima manfaat, menjaga kesehatan serta menciptakan lingkungan yang lebih baik.
 
"Kami terus berkomitmen melaksanakan program pembangunan ini sehingga bisa membantu banyak masyarakat di Kabupaten Bekasi," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024