Syauqy Faza Mukti Al Haritsy siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah meraih prestasi dengan menjuarai Olimpiade Bahasa Arab (OBA) tingkat provinsi ke-7 tahun 2024 dan melanjutkan perjuangannya ke tingkat nasional.

Seleksi tingkat provinsi Olimpiade Bahasa Arab (OBA) ke-7 Tahun 2024 telah digelar pada Sabtu, 5 Oktober 2024, di MAN 2 Jakarta Timur.

Kepala MTs Negeri 4 Jakarta Selatan, Chusniyati, S.Ag, dalam keterangannya, Kamis mengungkapkan rasa bangga dan syukurnya atas prestasi yang diraih Faza.

“Alhamdulillah, selamat dan sukses untuk Ananda Faza atas pencapaiannya sebagai juara 3. Bismillah, melaju ke babak nasional. Semoga Allah mudahkan dan berikan kesuksesan hingga menjadi yang terbaik. Aamiin Ya Allah Ya Rabb,” katanya.

Acara ini merupakan bagian dari agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) Bahasa Arab se-Indonesia.

Olimpiade Bahasa Arab ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga bertujuan untuk menyebarkan syiar bahasa Arab di Indonesia, mempererat ukhuwah Islamiyah-wathaniyah, serta membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Arab.

Selain itu, kegiatan ini juga berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan baik guru maupun pelajar bahasa Arab di tanah air.

Syauqy Faza Mukti Al Haritsy, salah satu siswa berprestasi MTsN 4 Jakarta Selatan, berhasil meraih juara 3 dan berhak melanjutkan perjuangannya ke tingkat nasional.

Pembekalan persiapan menghadapi kompetisi ini diberikan oleh Guru Bahasa Arab Pembina siswa, yaitu Ibu Maskuroh, S.Ag. Sebagai siswa MTsN 4 berasrama, Syauqy Faza dilatih oleh Pembina Bahasa Arab Islamic Boarding School, Ustadz Teguh Satria Pendowo, S.SI.

Keberhasilan ini tidak hanya membanggakan madrasah, namun juga keluarganya di Kota Depok, bahwa Kota Depok mempunyai warga yang diharapkan akan menjadi bagian generasi berdedikasi mendalami Bahasa Arab, bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an.

Tidak hanya kali ini, Syauqy Faza menorehkan prestasi.  Rangkaian prestasi Syauqy Faza yang telah diraihnya antara lain bidang riset ilmu keagamaan, riset bidang IPA dan Lingkungan, Robotik IYRA di Kuala Lumpur, menjadi speaker pada Konferensi Internasional.

Selain kejuaraan bidang sains, Syauqy juga aktif terlibat aksi peduli lingkungan sungai perkotaan.

Buku-buku Syauqy Faza yang telah terbit antara lain “Anime dan Moderasi Beragama : Cipta Harmoni dalam Kreativitas”, dan yang ditulis bersama tim risetnya “Gong Si Bolong : Simbol Perdamaian antar Agama di Jakarta”. Jejak partisipasi Syauqy Faza dkk pada Konferensi Internasional Caretaker of the Enviroment International, diterbitkan dalam buku berjudul, “Bersama Dunia Lestarikan Alam dan Budaya”.

Khusus untuk prestasi kemampuan Bahasa Arab yang diraih oleh Syauqy Faza diharapkan dapat menjadi inspirasi dan dorongan untuk mengembangkan kemampuan Bahasa Arab.

Keberhasilan ini juga memotivasi berprestasi dalam berbagai ajang kompetisi serupa, sehingga semakin mengembangkan kemampuan berbahasa Arab sebagai salah satu bekal adaptasi warga dunia, menguasai Bahasa asing sebagai alat memahami ilmu pengetahuan, teknologi dan keagamaan Islam.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024