Bogor (Antara Megapolitan) - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB), Hasan Azzahid berhasil meraih juara dalam kategori Peneliti Muda dalam Lomba Karya Ilmiah oleh Forum Riset Ekonomi dan Keuangan Syariah (FREKS) XV pada tahun 2016 silam.

Ajang yang dihelat di Mataram ini merupakan kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), IAEI, dan Universitas Mataram.

Ajang yang dilaksanakan pada akhir tahun 2016 itu bertema "Mengangkat Keunikan Keuangan Syariah dalam Era Persaingan Industri Jasa Keuangan yang Semakin Ketat".


Hasan mengambil fokus lembaga keuangan perbankan syariah dalam karya tulisnya berhasil memenangkan kategori peneliti muda.

Gagasan yang dibawa Hasan tersebut merupakan pengembangan model dari teori kredit perbankan.

Menurut penelitiannya, terdapat pengaruh antara kredit dengan kinerja perbankan. Hasan mengembangkan model ekonomi untuk merinci penyaluran kredit yang diberikan bank sesuai sektor-sektor ekonomi.


Menjadi salah satu pemenang dalam kompetisi tersebut, Hasan berharap memberikan manfaat dengan pengembangan model teori tersebut.

Melalui karyanya, Hasan menyajikan cara agar lembaga bank mengetahui kredit sektor apa yang berisiko terhadap stabilitas kinerja bank.

Dalam penelitiannya  besaran presentase kredit macet pada bank tersebut. Selama dua bulan tahap demi tahap hingga final, awal ide pembuatan karya ilmiah tersebut muncul dari pengamatannya terhadap data statistik perbankan syariah.

Melalui kompetisi ini, karya Hasan Azzahid dibukukan pada buku FREKS ber-ISBN bersama karya pemenang lainnya.
Dengan memenangkan kompetisi tersebut ia telah berhasil bersaing dengan kelima finalis lainnya dalam kategori yang sama.  (EAW/ris).

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Andi Firdaus


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017