Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat  menuntaskan perbaikan infrastruktur jalan hingga penghujung tahun ini dengan melanjutkan pekerjaan pada sejumlah titik yang belum terselesaikan sebagai upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.
 
"Masih terdapat 10 titik pengerjaan yang tersebar di sejumlah wilayah. Akan kita lanjutkan, dituntaskan sampai akhir tahun ini," kata Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi usai meninjau perbaikan jalan di Cikarang, Selasa.
 
Ia mengatakan sejumlah kegiatan pembangunan fisik yang sedang dilanjutkan meliputi Ruas Jalan Muara Bakti-Pulo Puter dan Jalan Inspeksi Kalimalang sesi Tambun Selatan.

Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki jalan rusak di sejumlah titik respons cepat laporan warga
Kemudian sejumlah ruas jalan utama yang melintasi wilayah Kecamatan Tambun Utara, Sukawangi hingga Kecamatan Babelan.
 
"Secara bertahap perbaikan infrastruktur jalan ini terus dikerjakan pemerintah daerah hingga akhir tahun ini. Tadi kita juga meninjau wilayah Babelan karena ada beberapa ruas yang masih perlu diperbaiki. Termasuk di wilayah Tambun Utara, mudah-mudahan ke depan akan memudahkan akses dan kenyamanan pengguna jalan," katanya.
 
Dedy juga menyebut perbaikan Jalan Inspeksi Kalimalang Sesi Tambun Selatan difokuskan pada beberapa titik di area pos polisi hingga Hotel Danau Indah guna mendukung penyempurnaan penerapan dua lajur mulai perbatasan Kota Bekasi sampai Kabupaten Karawang.
 
"Memang masih ada titik-titik yang sedang diselesaikan. Mudah-mudahan di tahun ini bisa selesai tepat waktu," katanya.
 
Baca juga: Pemkab Bekasi perbaiki jalan berlubang di akses keluar Tol Gabus Tambun Utara
 
Sebagai wajah Kabupaten Bekasi, Ruas Jalan Kalimalang diharapkan dapat tertata dengan baik agar lebih estetik sekaligus memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna jalan yang melintas.
 
"Terdapat beberapa titik perbaikan jalan yang diproyeksikan tuntas di tahun 2025. Sehingga wilayah jalur perbatasan Kota Bekasi dengan Karawang sebagai wajah Kabupaten Bekasi ini bisa diselesaikan, termasuk penataan taman dan median jalan," ucap dia.
 
Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan penataan Jalan Kalimalang secara keseluruhan ditargetkan tuntas tahun 2026 mendatang dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.
 
Baca juga: Tim URC 3 Bekasi perbaiki 18 titik jalan berlubang
 
Berdasarkan hasil penyusunan 'Detail Enginering Design' (DED) proses penataan jalan tersebut masih membutuhkan alokasi anggaran sebesar Rp460 miliar.
 
Pihaknya tahun ini mengalokasikan anggaran senilai Rp120 miliar untuk penataan lanjutan infrastruktur di Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang melalui pekerjaan rekonstruksi sejumlah titik antara lain sesi perbatasan Kota Bekasi-Cibitung, Cibitung-Tegal Gede, serta Tegal Gede-Tegal Danas.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024