Bogor (Antara Megapolitan) - Dalam rangka menanamkan kecintaan terhadap pertanian dan ketertarikan untuk belajar ilmu-ilmu pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar kegiatan rutin tahunan dengan menyambangi sekolah-sekolah di tanah air, yang dibingkai dalam ''IPB Goes to School (IGTS)'' ke sejumlah daerah di Indonesia, terutama daerah dengan potensi pertanian.

Menurut Kepala Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti, IGTS 2017 juga bertujuan untuk menarik minat siswa SMA masuk ke IPB.

''Kegiatan IGTS merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menarik siswa SMA masuk IPB. Selain itu, juga merupakan salah satu langkah dalam upaya mengingatkan kiprah IPB dalam mempersiapkan sumberdaya manusia di bidang pertanian,'' kata Yatri

Kegiatan ini mencakup sosialisasi keunggulan akademik dan non akademik IPB, berupa canvassing (seminar, try out, talk show) dan roadshow ke berbagai SMA sederajat.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan gambaran keunggulan program studi yang diselenggarakan IPB, sistem penerimaan mahasiswa baru, sistem pembelajaran, kehidupan kampus, fasilitas pendidikan, proses pembelajaran dan peluang kerja setelah lulus.

Pelaksanaan kegiatan ini adalah OMDA di daerah mereka masing-masing. Khusus kegiatan canvassing panitia mendatangkan narasumber dari IPB. Kegiatan ini dilaksanakan sejak 2010 hingga sekarang.

Tahun 2017 ini, tim IGTS IPB mendatangi 56 titik di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Tidak hanya itu, Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) IPB juga melakukan Roadshow ke 2.218 sekolah di seluruh tanah air.

Kegiatan ini dihadiri 1.179 SMA. Canvassing berhasil menghadirkan total peserta sebanyak 18.705 orang yang terdiri dari 17.967 siswa, 635 guru bimbingan dan konseling, 11 kepala sekolah dan 165 alumni IPB.

Kegiatan ini melibatkan panitia pusat, narasumber dosen sebanyak 45 dosen, 11 Duta Institut dan panitia lokal dari 54 Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) IPB binaan Biro Hukum, Promosi dan Humas IPB.

"Keterlibatan Omda penting sekali untuk mempromosikan IPB ke adik kelasnya," jelas Yatri. Rangkaian IGTS 2017 juga dimeriahkan dengan kehadiran Duta Institut dan dosen.

Sementara itu, di lapangan, tiap Omda berlomba memberikan sajian yang terbaik.

Aneka kegiatan digelar untuk menarik para siswa SMA, seperti try out Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), expo IPB, hingga menghadirkan alumni IPB yang telah sukses. Rangkaian IGTS ini dilaksanakan bulan Januari dan Februari, dimana Omda tengah libur semester. (NSY/NM/ris)

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017