Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor Jawa Barat mengevakuasi ular sanca sepanjang tiga meter dari rumah warga di Kelurahan Bubulak.

Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan DPKP Kota Bogor M. Ade Nugraha di Kota Bogor Jumat menjelaskan, ular tersebut dilihat pemilik rumah di kamarnya pada Jumat pagi.

“Pelapor melihat ular sanca kurang lebih tiga meter di dalam kamar. Pelapor langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran dan penyelamatan untuk penanganan ular tersebut,” ujarnya.

Baca juga: DPKP Kota Bogor bantu lepaskan borgol di tangan warga

Tak butuh waktu lama, Ade mengatakan, tim penyelamatan dari Sektor Pemadam Kebakaran Yasmin bergerak menuju lokasi. Ular pun dievakuasi menggunakan peralatan rescue.

“Kondisi terakhir ular dapat ditangani dalam keadaan hidup. Sementara ular dibawa ke Sektor Damkar Yasmin,” kata Ade.

Ia menjelaskan, ular merupakan hewan berdarah dingin, yang pada ketika musim hujan akan mencari tempat yang hangat. Salah satu tempat hangat ialah tempat tinggal manusia.

Karenanya, Ade mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah. Antara lain dengan membersihkan halaman dengan memotong rumput, dan bersihkan daun termasuk ranting-ranting pohon yang terlalu rimbun.

Baca juga: DPKP Kota Bogor evakuasi sarang tawon yang tewaskan warga

“Bersihkan selokan dan saluran air dan beri penutup sehingga ular tidak bisa masuk,” katanya.

Selain itu, Ade juga mengimbau masyarakat untuk membersihkan gudang, loteng, dan tempat lain di rumah.

“Jangan sampai ada tumpukan yang tidak rapi. Gunakan kamper atau semacamnya di sudut-sudut rumah dan gudang karena ular tidak suka dengan baunya,” jelasnya. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024