Penjabat Bupati Subang Imran berharap agar pembangunan dua kawasan ekonomi khusus di daerahnya benar-benar mampu mendongkrak perekonomian di Kabupaten Subang, Jawa Barat.


"Kami berharap pembangunan kawasan ekonomi khusus dapat memberi manfaat untuk kemajuan daerah Subang," kata Imran, di Subang, Jumat.

Ia menyampaikan bahwa pemerintah pusat melalui Kemenko Perekonomian telah menyetujui rencana pengembangan kawasan ekonomi khusus di wilayah Subang.

Dua kawasan ekonomi khusus tersebut ialah kawasan ekonomi khusus Patimban yang dikembangkan PT Wahana Mitra Semesta, dan Kawasan Ekonomi Khusus Subang yang akan digarap oleh PT Aneka Bumi Cipta.

Baca juga: Pemkab Subang berharap pengembangan KEK perhatikan pelestarian lingkungan

"Ini kabar baik. Mudah-mudahan pembangunan dua kawasan ekonomi khusus mampu mendongkrak perekonomian di wilayah Subang agar bisa setara, bahkan lebih baik dari daerah lain, terlebih Subang memiliki banyak potensi yang masih perlu terus dikembangkan," katanya.

Ia juga menyampaikan agar pembangunan dua kawasan ekonomi khusus itu tidak hanya memantik pertumbuhan perekonomian di sekitar kawasan. Tetapi juga memantik pertumbuhan dan perkembangan area di sekitarnya, sehingga terjadi sinergi dan keselarasan pembangunan.

Dengan begitu, keberadaan kawasan ekonomi khusus itu bisa menjadi jawaban atas berbagai persoalan di Subang, mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga pemberdayaan badan usaha milik daerah.

Pemerintah Kabupaten Subang, katanya, akan terus berkoordinasi dalam mempersiapkan infrastruktur dan rencana aksi yang jelas menyusul akan dilakukannya pembangunan dua kawasan ekonomi khusus tersebut.

Termasuk di antaranya menyediakan sumber daya manusia, yakni diharapkan terjadi akselerasi sektor pendidikan dengan kebutuhan di dunia industri. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024