Bogor (Antara Megapolitan) - Dr. Yurdi Yasmi yang saat ini menjabat sebagai salah satu manajer lembaga internasional di bidang kehutanan sosial yang berkedudukan di Bangkok, Thailand merupakan alumni Departemen Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan (Fahutan), Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ia merupakan satu dari dua orang Indonesia yang bekerja sebagai staf Dr. Ahmad Budiman profesional FAO, lembaga pangan dan pertanian dunia di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ditugaskan untuk membantu negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik membenahi kebijakan sektor kehutanan dan lingkungan.

Departemen Manajemen Hutan Fahutan IPB telah terakreditasi A oleh BAN-PT sejak tahun 2000 hingga sekarang.

Ketua Departemen Manajemen Hutan, menyatakan bahwa berdasarkan hasil tracer study lebih dari 50 persen alumni Departemen Manajemen Hutan bekerja di bidang kehutanan dan bidang kerja yang berhubungan dengan kehutanan, seperti konsultan, pertambangan dan perkebunan. Sebagian lain bekerja di perbankan dan wiraswasta.

Manajemen Hutan merupakan salah satu center excellent dalam pengembangan ilmu manajemen hutan di Indonesia.

Departemen Hutan sebagai bidang ilmu yang mempelajari penerapan praktis ilmu-ilmu kealaman, ekonomi, sosial, kebijakan, dan manajemen untuk regenerasi, pengelolaan, pemanfaatan dan konservasi sumberdaya hutan untuk memenuhi tujuan dan sasaran tertentu dengan menjaga tingkat produktivitas hutan.

Untuk kerjasama internasional, departemen ini telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi terkemuka di luar negeri.

Raihan prestasi mahasiswa Departemen Manajemen Hutan antara lain Juara 1 Esai National Youth Environmental Competititon the 9th TGC in Action oleh M Iskandar; Anugrah Nurman Ibrahim terpilih sebagai delegasi IAAS ke Eropa; dan Juara 2 Hadang Putra Cabang Olahraga Tradisional dalam Tafisa Games yang diraih oleh Lingga Buana.(SM/NM).

Pewarta: Jurnalis IPB

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017