PT Mutuagung Lestari Tbk (MUTU International) meraih penghargaan sebagai “Lembaga Sertifikasi Berkomitmen Tinggi dalam Sertifikasi ISPO Perusahaan dan Pekebun” pada Perkebunan Indonesia Expo (BUNEX) 2024 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Kamis.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Direktur Operasional MUTU International Irham Budiman. 

Menurut Irham, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen MUTU yang telah teruji untuk terus mendukung pelaku usaha sawit mendapatkan sertifikasi ISPO.

“Dengan memperoleh sertifikasi ISPO, pelaku usaha sawit memiliki akses lebih baik terhadap pasar yang semakin menuntut produksi diproduksi secara bertanggung jawab. Hal positif dari sertifikasi ini dapat memberikan keunggulan kompetitif, terutama di pasar yang sangat menghargai praktik bisnis berkelanjutan,” ujar Irham. 

Berdasarkan data yang didapatkan dari Kementerian Pertanian pada April 2024, capaian sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dinilai masih rendah. Dari target yang dicanangkan, yakni untuk melakukan sertifikasi kepada lahan seluas 16,38 juta hektar, capaian yang didapat baru seluas 5,6 juta hektar atau sekitar 37 persen.

“Hal ini sangat disayangkan, mengingat di dalam ISPO sendiri banyak membahas aspek-aspek keberlanjutan serta praktek pertanian yang ramah lingkungan,” lanjut Irham. 

Menurut Irham, apresiasi dari penghargaan ini merupakan langkah yang akan memotivasi MUTU International sebagai perusahaan yang bergerak di bidang testing, inspection, dan certification (TIC) untuk terus menyuarakan pentingnya mendapatkan sertifikasi ISPO ke depannya. Adapun tercatat hingga bulan Juni 2024, MUTU International telah mengeluarkan sebanyak 271 sertifikat ISPO.

“Banyak perusahaan dan konsumen internasional yang saat ini memprioritaskan produk sawit yang diproduksi secara bertanggung jawab dan terverifikasi keberlanjutannya, oleh karena itu sertifikat ISPO sangat penting dimiliki. Bukan hanya sebagai bentuk komitmen menciptakan lingkungan yang berkelanjutan, namun juga menaikan daya saing di pasar,” tutup Irham. 

 

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024