Kepolisian Resor (Polres) Metro Bekasi menggelar deklarasi damai sebagai bagian dari tugas mengawal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 berlangsung aman dan kondusif.

Acara deklarasi damai atas inisiasi kepolisian ini dikemas dalam Forum Silaturahmi dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan partai politik, serta penyelenggara Pilkada 2024 yakni KPU serta Bawaslu Kabupaten Bekasi.

"Kami berkomitmen mengawal serta menjaga seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah hukum Kabupaten Bekasi agar berlangsung aman dan kondusif," kata Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi di Cikarang, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bekasi lakukan sosialisasi netralitas ASN di Pilkada 2024

Dia meminta segenap unsur yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 untuk memiliki kesamaan komitmen, yakni mengikuti setiap tahapan dengan mengacu ketentuan perundang-undangan berlaku.

Kapolres berharap kesamaan komitmen tersebut mampu mewujudkan pelaksanaan pesta demokrasi rakyat lima tahunan itu dengan aman, damai, lancar, nyaman, tanpa ada gesekan maupun perselisihan.

"Kalau pun ada hal-hal yang berpotensi menimbulkan permasalahan di lapangan agar segera diinformasikan, kami upayakan untuk melakukan mitigasi supaya tidak meluas," katanya.

Baca juga: KPU tunggu hasil tes kesehatan RSUD Kabupaten Bekasi

Sementara itu, Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi mengapresiasi deklarasi damai sebagai langkah positif untuk menciptakan Pilkada 2024 yang aman, damai, kondusif, serta demokratis sesuai harapan masyarakat.

"Kita sudah tandatangani kesepakatan damai Pilkada 2024 sehingga kalau ada gesekan atau permasalahan di lapangan, masing-masing tim sukses pasangan calon bisa saling berkomunikasi dengan baik untuk menjaga agar pilkada berjalan aman dan kondusif," katanya.

Dirinya juga mengajak pasangan calon yang mengikuti kontestasi Pilkada 2024 untuk berjiwa besar dengan siap menang dan kalah dengan mengikuti semua tahapan sesuai aturan perundang-undangan.

Baca juga: Enam parpol dukung mantan Penjabat Bupati Bekasi maju Pilkada 2024

"Saya yakin dan percaya semua pasangan calon yang maju pada Pilkada 2024 dapat menjaga kondusivitas dan kedamaian masyarakat Kabupaten Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024