Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengapresiasi kegiatan Bogor Innovation Awards, yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kota Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris BSKDN Kemendagri Noudy R.P. Tendean di Kota Bogor, Rabu, menilai kegiatan ini sangat luar biasa dengan adanya ekspo inovasi terbaik, desain acara, pengemasan, juga para peserta yang berasal dari berbagai kalangan masyarakat tampak bersemangat.

Menurut Noudy, ini bisa menjadi modal bagi Kota Bogor untuk lebih mengembangkan ekosistem inovasi di bawah kendali Bapperida.

“Sehingga ekosistem inovasi yang isinya berbagai komponen masyarakat, akan menjadi kultur budaya masyarakat dan mendorong percepatan pembangunan yang ada di Kota Bogor,” ucapnya.

Baca juga: Pemkot Bogor bangun ekosistem inovasi lewat Bogor Innovation Awards 2024
Baca juga: Pemkot Bogor terus gencarkan inovasi untuk entaskan stunting

Ia menyebut, inovasi-inovasi yang dipamerkan dalam acara puncak hari ini di Bogor Creative Center, bisa disiapkan Bapperida untuk go international dan masuk ke Innovation Government Awards untuk Indonesia, maupun secara global.

“Jadi inovasi dari Kota Bogor bisa dan saya lihat tadi banyak, tinggal bagaimana mengembangkan dan membudayakan spirit inovasi itu sehingga baik dari pemerintah masyarakat dan dunia pendidikan bisa mengembangkan ekosistem inovasi,” katanya.

Salah satu hal yang menyita perhatian Noudy, ialah keterlibatan para penyandang disabilitas dalam mengembangkan inovasi. Sehingga menurutnya hal ini menunjukkan bahwa tidak ada bagian masyarakat yang tertinggal, dalam pengembangan inovasi daerah.

“Ini tidak lepas dari pembinaan Bapperida Kota Bogor. Kemendagri juga Bapperida bersinergi mengembangkan inovasi pemerintah daerah,” ucapnya.

Baca juga: Kemendagri apresiasi inovasi yang dilakukan Disdukcapil Kota Bogor

Menurut pengalaman Noudy, kegiatan serupa di daerah lain belum diadakan secara tahunan seperti BIA. Sehingga ia menilai kegiatan ini bisa dilakukan juga di daerah lain, dengan catatan Bapperida Kota Bogor membantu hasil inovasi yang ada untuk didaftarkan Hak Kekayaan Intelektualnya.

“Harapan kami, ini tetap dikembangkan untuk mengembangkan inovasi di seluruh segmen masyarakat. Ada sekolah, ASN, ini sesuatu yang bisa direplikasi daerah lain,” ujarnya.*

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024