Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat berupaya melahirkan generasi perencana melalui perhelatan lomba "Duta Genre" atau generasi berencana oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Bunda Genre sekaligus Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bogor Siti Chomzah Asmawa di Cibinong Senin, mengungkapkan bahwa para Duta Genre akan menjadi generasi perencana yang bisa menjadi teladan bagi remaja lainnya.

Duta Genre dengan peserta para pengelola kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) ini bertugas mengampanyekan dan mengedukasi berkaitan dengan isu-isu remaja, seperti stop pernikahan dini, penyalahgunaan narkoba, bullying, dan lain sebagainya.

Siti menjelaskan bahwa Grand Final Apresiasi Lomba Duta Genre tingkat Kabupaten Bogor tahun 2024, berlangsung di Auditorium Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bogor, Sabtu (31/8).

"Duta-duta Genre atau generasi perencana yang nantinya terpilih di Kabupaten Bogor akan maju mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Barat yang rencananya akan dilaksanakan di awal bulan September 2024,” kata Siti.

Menurut dia, para Duta Genre harus membawa diri mereka ke arah positif, sehingga menjadi panutan dan teladan bagi remaja lain.

"Sehingga dirinya sendiri harus bisa memberikan contoh yang baik dan bisa melakukan edukasi kepada teman sebayanya untuk tidak melakukan pernikahan dini, seks bebas, dan hal bersifat negatif lainnya, tetapi justru bisa memberikan contoh positif bagi teman sebayanya,” ujarnya.

Sementara, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor Susi Rahayu mengungkapkan, Duta Genre ini juga mengampanyekan kepada masyarakat mengenai stop pernikahan dini, kesehatan reproduksi, hingga mengenai bahaya pergaulan bebas.

"Itulah pentingnya kolaborasi dengan semua lapisan termasuk dengan remaja terutama dengan Duta Genre yang akan memberikan edukasi komunikasi dan informasi kepada remaja agar di tahun 2045 bisa mencapai Indonesia emas,” kata Susi. (KR-MFS)
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024