Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melengkapi koleksi buku bacaan dengan tema sastra, seni, dan agama di perpustakaan daerah, karena jenis buku tersebut paling diminati pengunjung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono, di Purwakarta, Minggu, mengatakan bahwa minat baca masyarakat yang semakin tinggi mendorong Perpustakaan Daerah (Perpusda) Purwakarta untuk terus melengkapi berbagai jenis dan tema buku bacaan.

Ia mengatakan, sebagai salah satu institusi strategis penyedia bacaan sumber ilmu pengetahuan dan sumber informasi publik, dari ribuan judul koleksi buku yang sudah ada, Perpusda Purwakarta masih memandang perlu untuk terus melengkapi dan memperbarui koleksinya.

Baca juga: Kunjungan masyarakat ke perpustakaan Purwakarta cukup tinggi

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan terus berusaha memenuhi minat baca masyarakat yang semakin meningkat tersebut.

"Berbagai judul dan jenis buku bacaan terus dilengkapi. Itu untuk memastikan masyarakat mendapatkan buku bacaan berdasarkan kebutuhan dan minat baca yang makin tinggi dan beragam," katanya.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta, Asep Supriatna, menyebutkan, sesuai dengan data Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta, jenis buku yang paling diminati atau buku favorit masyarakat yang mengunjungi Perpusda Purwakarta adalah buku-buku bertema sastra, seni, olahraga, dan buku agama.

Jumlah buku dengan tema-tema tersebut yang dipinjam atau dibaca para pengunjung mencapai 4.722 buku.

Baca juga: Perpustakaan Purwakarta siapkan ribuan koleksi buku perkuat budaya literasi

Berikutnya, yang banyak menarik minat pengunjung adalah buku-buku tentang filsafat, psikologi, ilmu-ilmu sosial, ilmu pengetahuan, matematika, bahasa, geografi, sejarah, teknologi dan ilmu-ilmu terapan yang mencapai 1.412 buku.

"Buku-buku itu menjadi pilihan favorit masyarakat yang mengunjungi Perpusda Purwakarta. Kita akan terus melengkapi berbagai tema buku dengan menjaring aspirasi atau usulan dari masyarakat," katanya.

Asep mengatakan, koleksi buku di perpustakaan daerah Purwakarta yang sudah ada masih sangat mencukupi untuk memenuhi tingginya minat baca tersebut.

Baca juga: Pemkab Purwakarta bangun perpustakaan digital untuk tingkatkan indeks literasi

Saat ini, total jumlah buku koleksi Perpusda Purwakarta mencapai 12.714 judul, yang terdiri atas koleksi judul buku sebanyak 11.135 judul, buku digital (E-Book) sebanyak 1.420 judul, dan cakram optik digital (CD) sebanyak 159 judul.

"Meski jumlah koleksinya sudah sangat besar untuk ukuran perpustakaan daerah, namun kita masih terus berupaya keras untuk terus memperbarui dan menambah jumlah koleksi yang sudah ada," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024