Pemerintah Kabupaten Bogor Jawa Barat berasama para pemangku kepentingan menyemarakkan HUT ke-79 RI tahun 2024 dengan penyelenggaraan fun bike hingga senam formasi kemerdekaan di Cibinong Raya, Sabtu.

"Hari ini semua elemen di Kabupaten Bogor berbaur, yakni babarengan, akur, untuk mencapai kemakmuran,” kata Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu usai acara.

Rute fun bike yang diikuti ratusan peserta ini dimulai dari Lapangan Tegar Beriman, kemudian menuju Simpang Cibinong City Mall (CCM), Simpang Sentul, Tugu Pancakarsa, kemudian memutar balik ke arah Stadion Pakansari.

“Harapannya melalui kegiatan semarak kemerdekaan ini adalah kita memperkuat silaturahim, sinergi, dan kolaborasi, karena pada kegiatan ini kita bertemu dengan semua unsur elemen yang ada di Kabupaten Bogor," kata Asmawa.

Baca juga: Pemkab Bogor gelar istigasah hingga santunan di rest area Puncak warnai HUT ke-79 RI
Baca juga: Gebyar UMKM Kemerdekaan hadir di Cibinong menyambut HUT ke-79 RI

Kegiatan fun bike dan senam formasi kemerdekaan juga dirangkaikan dengan pameran UMKM di Stadion Pakansari yang pesertanya merupakan pelaku UMKM dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Ia mengaku ingin menunjukkan bahwa kualitas produk UMKM di Kabupaten Bogor sudah naik kelas, bahkan sudah dapat diekspor ke berbagai negara lain dengan kualitas produk mempuni.

"Hari ini kita lihat sendiri baik itu produk makanan maupun kerajinan lainnya sudah benar-benar naik kelas sebagaimana yang sudah pernah kita deklarasikan," tuturnya.

Asmawa menyebutkan, puncak perayaan HUT RI di Kabupaten Bogor akan berlangsung pada Minggu (11/8), dengan kegiatan kirab bendera dan pemecahan rekor Muri berupa penyajian nasi liwet dengan jumlah terbanyak, yakni 17.000 porsi.

Baca juga: Pemkab Bogor dukung gerakan 10 juta bendera merah putih peringati HUT Ri

“Besok juga ada pemecahan rekor Muri, sajian nasi liwet 17.000 porsi di Stadion Pakansari. Kegiatan ini juga dalam rangka memperkuat nilai kebersamaan dan mengangkat nilai kearifan lokal yang ada di Kabupaten Bogor,” ujar Asmawa.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia HUT RI Kabupaten Bogor Sintha Dec Checawaty mengaku bangga kegiatan tersebut dapat mempersatukan seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor.

“Semangat hari ini adalah semangat kolaborasi, di mana anak bangsa semua berkontribusi untuk merayakan HUT kemerdekaan RI. Tujuannya adalah bagaimana kegiatan ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Bogor,” kata Sintha yang juga merupakan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Bogor itu. (KR-MFS)

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024