Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, memastikan kondisi pasar-pasar di wilayahnya aman di tengah perubahan cuaca buruk.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Jenal Abidin di Kota Bogor, Rabu, mengatakan belakangan ia melakukan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke unit-unit pasar di wilayahnya, sambil menekankan pentingnya ketertiban, keamanan, dan kebersihan pasar.

Ia mengatakan, sidak yang dilakukannya bersama jajaran Perumda PPJ juga menjadi ajang evaluasi bagi pihak manajemen pasar, untuk meningkatkan standar operasional dalam penanganan situasi darurat akibat cuaca buruk.

Baca juga: Pedagang Pasar Bogor pindah secara bertahap ke Pasar Jambu Dua
Baca juga: DPRD Kota Bogor minta Perumda PPJ lakukan kajian penyebab beberapa pasar sepi

Jenal menjelaskan, evaluasi dilakukan bersama pejabat terkait yang langsung menangani soal ketertiban, keamanan dan kebersihan.

“Ada Manajer Usaha dan Manajer Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang turut serta memberikan arahan dan bimbingan kepada petugas pasar. Kehadiran mereka diharapkan dapat mempercepat implementasi kebijakan yang lebih efektif dan efisien di lapangan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Jenal berharap, langkah-langkah preventif ini dapat meminimalisasi dampak negatif yang ditimbulkan oleh cuaca ekstrem.

“Saya memberikan penyuluhan kepada unit-unit terkait mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk menjaga kondisi pasar tetap kondusif bagi para pedagang dan pengunjung,” ujar Jenal.

Baca juga: Perumda PPJ Kota Bogor lakukan upaya untuk ramaikan pasar

Jenal melanjutkan, pemantauan ke pasar-pasar rakyat di Kota Bogor dilakukan direksi secara bergiliran secara rutin. Ia terus menekankan untuk menjaga kebersihan pasar, sarana, dan prasarana pasar yang perlu diperbaiki.

“Ya, sekalian cek ketersediaan dan harga bahan pokok. Kami meminta agar semua staf di unit pasar memberikan layanan terbaik kepada pedagang dan pengunjung pasar,” kata dia.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024