Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengajak para kepala desa, direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan tenaga pendamping desa mempromosikan wisata desanya dengan berpartisipasi dalam Lomba Desa Wisata Nusantara 2024.
 
"Kami bermohon sangat untuk bapak ibu sekalian untuk ikut serta mengambil kesempatan ini, berkontribusi dalam mempromosikan desa wisata yang bapak ibu kelola, dampingi, untuk menyemarakkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2024," kata Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Perdesaan Helmiati Nuhung.
 
Hal tersebut disampaikan Helmiati dalam Rapat Koordinasi Lomba Desa Wisata Nusantara 2024, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Kemendes PDTT di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Mendes sebut program TEKAD jadi solusi memajukan kampung di Indonesia
 
Ia menyampaikan bahwa Lomba Desa Wisata Nusantara 2024 itu menjadi wadah yang disediakan Kemendes PDTT agar wisata di desa-desa di Indonesia dapat diketahui masyarakat di segala penjuru tanah air, bahkan masyarakat dunia.
 
"Kita bisa menghadirkan desa-desa kita untuk dikenal, dipromosikan, disampaikan ke khalayak, masyarakat dunia, bahwa di desa kami ada desa wisata yang bisa dikunjungi. Kemendes memberi peluang ini," ujar dia.
Sebelumnya, Kemendes PDTT telah meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2024 itu di Desa Boyolali, Demak, Jawa Tengah, Jumat (12/7). Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT Sugito menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan Lomba Desa Wisata Nusantara adalah untuk motivasi desa-desa di Indonesia agar dapat menemukan dan mengenali potensi wisata yang dimiliki.

Baca juga: Kemendes PDTT ingatkan berbagai pihak perlu kreativitas dalam memajukan desa

Selanjutnya, kata dia, potensi wisata itu dapat dikembangkan hingga mampu meningkatkan perekonomian desa.
 
"Menumbuhkan semangat untuk menemukenali budaya desa sebagai bagian dari upaya pemajuan kebudayaan," kata Sugito.
 
Selain itu, kata dia menambahkan, lomba tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan antusias, menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan inovasi masyarakat desa mengenai literasi budaya desa.
 
Diketahui peserta Lomba Desa Wisata Nusantara 2024 adalah seluruh desa yang memiliki daya tarik wisata dan dikelola oleh BUMDes atau Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) atau pihak lain yang bekerja sama dengan BUMDes maupun BUMDesma yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori I meliputi desa sangat tertinggal/tertinggal dan berkembang serta kategori II meliputi desa maju/mandiri.
 
"Rangkaian kegiatan Lomba Desa Wisata Nusantara dan Lomba Literasi Budaya Desa dilaksanakan sejak Juli sampai September 2024," kata Sugito.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024