Kontingen Kecamatan Cikarang Utara keluar sebagai juara umum ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XII Kabupaten Bekasi 2024 setelah sukses mempertahankan puncak klasemen perolehan medali hingga hari terakhir pertandingan.

"Selamat kepada kecamatan yang berhasil meraih gelar juara umum dan terus semangat bagi kecamatan lain agar di Popda mendatang mampu meningkatkan prestasi," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menutup Popda XII Kabupaten Bekasi di Cikarang, Selasa.

Kontingen Kecamatan Cikarang Utara berhasil mengemas 36 medali emas, 32 perak, dan 36 perunggu sekaligus mengokohkan predikat juara bertahan pada ajang olahraga tingkat pelajar tersebut.

Posisi kedua klasemen akhir perolehan medali ditempati Kecamatan Tambun Selatan dengan koleksi 33 medali emas, 17 perak, dan 27 perunggu, unggul dari Kecamatan Setu di posisi ketiga dengan 16 medali emas, 11 perak, serta 12 perunggu.

Dani mengatakan Popda Kabupaten Bekasi merupakan ajang pembibitan karena salah satu basis prestasi olahraga dihasilkan melalui atlet pelajar baik jenjang SD, SMP, maupun SMA.

"Kami menemukan dan menentukan bibit-bibit atlet potensi masa depan yang akan membawa nama harum Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, serta Indonesia," katanya.

Popda Kabupaten Bekasi juga upaya mempertahankan predikat juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 saat ajang serupa digelar pada tahun 2026 mendatang dengan modal stok atlet potensial dan pembinaan berkesinambungan.

Untuk bisa mempertahankan tentu harus memiliki stok atlet potensial dan pembinaan yang tidak terputus karena atlet senior ada waktunya untuk berhenti.

"Tinggal pembinaan di junior ini yang perlu ditingkatkan " katanya.

Atlet pelajar berprestasi di ajang ini juga akan dipersiapkan menuju Popda Jawa Barat 2025.


Popda XII Kabupaten Bekasi 2024 berlangsung pada 15-22 Juli diikuti 1.581 atlet pelajar, 887 atlet usia maksimal tahun kelahiran 2007, serta 567 ofisial dari 23 kecamatan peserta dengan mempertandingkan 16 cabang olahraga populer di daerah itu.

Cabang olahraga tersebut meliputi atletik, bola basket, voli indoor, voli pasir, bulutangkis, gulat, judo, karate, kempo, panahan, panjat tebing, pencak silat, renang, tarung derajat, taekwondo, dan sepak bola.

Sebanyak 378 emas, 378 perak, dan 493 perunggu diperebutkan pada Popda XII Kabupaten Bekasi yang digelar di sejumlah arena pertandingan meliputi Stadion Cikarang, GOR Tambun, GSB Wibawamukti, GOR Grandwisata, D'khayangan Jababeka, Lapangan Pasirtanjung, Gedung Wibawa Mukti, Metland, dan Graha Pariwisata.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024