Ikatan Perawat Anak Indonesia (IPANI) menyelenggarakan Pekan Ilmiah Tahunan (PIT) 2024 yang dilaksanakan secara hybrid dengan dihadiri lebih dari 400 peserta dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia. 

Ketua Panitia, Ns. Mega Hasanul Huda, dalam keterangannya, Minggu menyampaikan bahwa acara ini mencakup berbagai kegiatan ilmiah, termasuk simposium, diskusi panel, dan presentasi penelitian terkini di bidang keperawatan anak.

"Kami berharap bahwa pengetahuan dan inspirasi yang didapat dari Pekan Ilmiah Tahunan ini dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan anak di seluruh Indonesia," tambah Ns. Mega Hasanul Huda.

Beberapa subtema yang dibahas, meliputi Technology-Based Pediatric Nursing, Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Anak, Nutrisi Pediatrik dan Kualitas Hidup Bayi Prematur.

Dr. Allenidekania, SKp., M.Sc, selaku Ketua Pengurus Pusat IPANI, menekankan pentingnya peningkatan kualitas hidup anak sebagai langkah strategis menuju Indonesia Emas 2045.

"Peningkatan kualitas hidup anak merupakan investasi jangka panjang yang melibatkan berbagai aspek seperti pendidikan, kesehatan, perlindungan anak, pemberdayaan, serta pemanfaatan teknologi dan inovasi" ujarnya.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Dr. Harif Fadilah, SKp., SH, M.Kep., MH, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Ia menyoroti pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak, termasuk pemerintah dan organisasi profesi, dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan anak di Indonesia.

PIT IPANI 2024 tidak hanya menjadi ajang pertukaran ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memperluas jaringan profesional, mengeksplorasi teknologi dan inovasi terbaru dalam keperawatan anak, mendiskusikan tantangan dan solusi dalam peningkatan kualitas hidup anak dan berkontribusi pada pengembangan kebijakan kesehatan anak di Indonesia.

Pekan Ilmiah Tahunan IPANI 2024 ditutup dengan komitmen bersama untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan anak dan berkontribusi pada pembangunan SDM unggul menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 19-20 Juli 2024 di  Bandung, Jawa Barat ini, mengusung tema "Peningkatan Kualitas Hidup Anak Mencapai SDM Unggul Indonesia Emas 2045"

PIT IPANI 2024 menjadi wadah strategis bagi para profesional kesehatan untuk bertukar ide, pengetahuan, dan inovasi terbaru dalam upaya meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024