Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyalurkan bantuan hibah senilai Rp10 miliar untuk kebutuhan pengamanan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 ditandai penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

"Penandatanganan NPHD untuk pengamanan Pilkada ini ditujukan kepada tiga instansi yakni Polres, Kodim, dan Korem," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan penyaluran hibah pengamanan ini sebagaimana tertuang dalam amanat undang-undang mengingat penyelenggaraan Pilkada merupakan agenda khusus yang tidak dilaksanakan setiap tahun.

"Dan tidak ada anggaran ini juga di ketiga instansi tersebut sehingga kita alokasikan dari APBD Kabupaten Bekasi tahun 2024," katanya.

Baca juga: 916 calon anggota PPS pilkada Bekasi ikut tes wawancara
Baca juga: Bupati Bekasi titip pesan kepada 115 anggota PPK Pilkada 2024

Dani menjelaskan penandatanganan NPHD berikut realisasi pencairan hibah ini sengaja dilaksanakan lebih awal dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Provinsi Jawa Barat karena melihat urgensi pihak keamanan sebagai bagian penting dari kelancaran penyelenggaraan pilkada mendatang.

"Hibah dari APBD, Polres sebagai leading sector pengamanan selama pilkada kita hibahkan Rp6,4 miliar, Kodim Rp2,3 miliar, dan Korem Rp1,2 miliar. Penyaluran dilakukan dalam satu tahap," katanya.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Polisi Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan bantuan tersebut diperuntukkan bagi agenda pengamanan di dalam setiap tahapan Pilkada 2024 mendatang, mulai dari proses pendaftaran, sampai nanti pelantikan.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bekasi komitmen kawal tahapan Pilkada 2024

"Tahapan akan dilaksanakan pada saat kami sudah mendapatkan perintah dari Mabes Polri bahwa ketentuan untuk operasi Pilkada itu sudah mulai dilaksanakan," katanya.

Komandan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Inf. Danang Waluyo mengatakan anggaran itu akan digunakan semaksimal mungkin untuk pengamanan Pilkada 2024 seperti pembuatan posko pengamanan, hingga kebutuhan prajurit saat bertugas mengamankan tahapan pilkada.

"Kita tentu berharap Pilkada mendatang dapat berjalan dengan lancar dan kami akan terus berkoordinasi dengan Polres Metro Bekasi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024