Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, menggelar audiensi dan diskusi dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas Kendaraan Listrik untuk membahas program kendaraan listrik.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Marse Hendra Saputra di Kota Bogor, Jabar, Rabu, menyampaikan dirinya telah mendampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor bertemu dengan PT VKTR, yang berpengalaman dengan kendaraan listrik di Jakarta.

"VKTR merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang electric vehicles (kendaraan listrik) yang mempunyai pengalaman di Jakarta," katanya.

Ia menjelaskan audiensi merupakan tahap awal dari diskusi Pemkot Bogor dengan VKTR. Apabila EV bisa diimplementasikan di Kota Bogor, menurutnya, Pemkot perlu mendapatkan sebanyak-banyaknya saran dan masukan terkait dengan EV.

Baca juga: Bima Arya menjajal motor listrik pertama milik Pemkot Bogor

Marse juga menyebutkan masukan terkait EV tidak saja untuk angkutan umum, tapi juga keseluruhan kendaraan berbasis listrik lainnya.

"Ini masih perkenalan produk dan program. Tahapan berikutnya akan diskusi internal, saling sharing kondisi Kota Bogor seperti ini, kalau dari VKTR mau membantu, titik mana yang bisa dibantu, termasuk dari skema pembiayaannya," jelasnya.

Marse menyampaikan secara bertahap Kota Bogor akan menerapkan EV demi tercapainya zero carbon di Kota Bogor.

Namun, kata dia, semua langkah dan prosesnya harus ditempuh, karena ada hal lain yang secara teknis harus dipikirkan dan perlu duduk bersama dengan stakeholder lainnya.

Baca juga: Kota Bogor menyambut era kendaraan listrik

Menurut dia, di Jakarta PT VKTR menyediakan 52 unit bus lengkap dengan operatornya bekerja sama dengan Transjakarta.

Pengadaan bus listrik yang berkapasitas besar seperti di Jakarta ini, diperkirakan Marse belum bisa digunakan di jalan Kota Bogor, sehingga perlu dilakukan berbagai pertimbangan mana yang lebih efektif dan efisien.

"Kami akan pilah mana yang terbaik dan memastikan semua sesuai regulasinya," ucapnya.

Sementara, di Kota Bogor saat ini sedang dilakukan uji coba angkutan kota (angkot) listrik bernama Alibo (Angkot Listrik Bogor) di rute Cidangiang-Suryakencana, yang berjalan sejak 4 April 2024.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024