Program 'Berkolaborasi Terus Melayani' atau Botram hadir di tengah masyarakat untuk melayani warga wilayah utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai upaya pemerintah daerah memberikan pelayanan publik melalui skema jemput bola.

"Layanan satu lokasi kali ini dipusatkan di Kecamatan Sukakarya menghadirkan 40 gerai mulai pelayanan administrasi kependudukan, kesehatan, ketenagakerjaan, Baznas, perbankan dari BJB, PMI, Bazar UMKM, serta hiburan dan kesenian lokal untuk masyarakat," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan program Botram selalu sukses dan ramai dikunjungi masyarakat di setiap kecamatan, menandakan pelayanan yang diberikan semakin mampu mendekatkan diri kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bekasi.

"Buktinya masyarakat penuh mendatangi Botram ini, mereka mendatangi stan untuk mendapat pelayanan yang ada," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi sinergikan program Botram dengan TMMD saat Ramadhan

Pihaknya berkomitmen untuk terus menambah jumlah pelayanan program yang semula diinisiasi dengan layanan dokumen administrasi kependudukan dari Disdukcapil Kabupaten Bekasi agar semakin variatif sehingga warga lebih terlayani secara paripurna.

Dani Ramdan pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat untuk turut meramaikan dan menyukseskan pergelaran MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Bekasi pada 27 April-5 Mei 2024.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi khususnya masyarakat Sukakarya untuk hadir dan ikut mendukung kafilah Kabupaten Bekasi dalam perhelatan MTQ Provinsi Jabar," katanya.

Camat Sukakarya Hanif Zulkifli mengatakan Kecamatan Sukakarya memiliki luas wilayah 4.314 hektare dengan jumlah penduduk 61.924 jiwa yang tersebar di tujuh desa. Kehadiran program Botram disambut antusias masyarakat Sukakarya karena memang sudah dinantikan.

"Masyarakat antusias sekali mendatangi sekitar 40 jenis pelayanan yang ada dan cukup banyak masyarakat yang hadir. Diperkirakan di atas 5.000 warga yang datang pada kegiatan hari ini," katanya.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Bekasi Cikarang buka layanan pada kegiatan Botram

Kegiatan Botram kali ini juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan pemerintah daerah kepada pengurus masjid serta santunan kepada para penerima manfaat.

Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Darurrohman Akbar Sobari mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui yang telah memberikan bantuan untuk pembangunan masjid yang berlokasi di Kampung Pulo Panjang, RT02/01 Desa Sukalaksana, Kecamatan Sukakarya itu.

Akbar juga mengapresiasi program Botram yang dinilai lebih mempermudah sekaligus mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat yang berdomisili relatif jauh dari kompleks perkantoran Pemkab Bekasi.

"Kegiatan Botram mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan, terutama pelayanan Adminduk Disdukcapil sehingga masyarakat jadi lebih dekat, tidak harus jauh ke kantor Pemda. Acara seperti ini harus tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi untuk jumlah pelayanannya," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024