Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Mohamad Thamrin mengatakan keberadaan UMKM sangat menopang perekonomian warga Kota Depok, apalagi saat pandemi COVID-19 yang membuat perekonomian turun drastis.

"Tetapi keberadaan UMKM Depok mampu bertahan di tengah gempuran fenomena tersebut," kata Mohamad Thamrin di Depok, Jumat.

Baca juga: DKUM Kota Depok bentuk klinik bisnis dukung program Wirausaha Baru

Thamrin mengatakan kini laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok berada di atas Provinsi Jawa Barat dan Nasional yaitu 5,05 persen. Lalu angka kemiskinan juga berkurang menjadi 2,3 persen.

"Termasuk Tingkat Pengangguran Terbuka saat COVID-19 hampir di angka 9,7 persen kini Alhamdulillah sudah turun jadi 6,9 persen," ujarnya.

Untuk itu kami sangat berharap pelaku usaha mikro ini tetap gencar memasarkan produknya minimal ke tetangganya. Kemudian, terbuka dan transparan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan agar omzet terus naik.

Baca juga: DKUM Depok berharap wirausaha baru memiliki daya saing tinggi

Untuk meningkatkan pengetahuan dunia usaha lebih dalam lagi DKUM Kota Depok menggelar talkshow bertajuk Sinergi UMKM Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Depok.

Mohamad Thamrin menjelaskan talkshow ini diikuti 50 pelaku usaha mikro baik dari dalam maupun luar daerah. Mayoritas peserta adalah ibu-ibu yang kesehariannya berwirausaha mikro.

"Melalui talkshow ini kami ingin memberikan semangat dan wawasan pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, pola manajemennya dan sebagainya," tuturnya.

Baca juga: DKUM Depok lakukan sinergi UMKM dan koperasi

Pada talkshow ini, dua pengusaha sukses asal Kota Depok menjadi narasumber. Mereka adalah CEO AKP Group, Kintoko dan Andhika Ramadhan seorang yang dulunya anak jalanan kini menjadi CEO perusahaan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024