Dinas Perhubungan Kota Bogor Jawa Barat menggelar ramp check kendaraan angkutan mudik 2024 di Terminal Baranangsiang, sebagai persiapan menjelang puncak angkutan penumpang mudik lebaran nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Marse Hendra Saputra di Kota Bogor Kamis mengatakan, ramp check akan dilakukan dari titik-titik keberangkatan kendaraan, mulai dari terminal hingga pool-pool bus.

“Terminal Baranangsiang menjadi titik pemberangkatan utama lebaran. Tapi, nanti di beberapa pool juga akan kita lakukan pengecekan,” katanya.

Baca juga: Polresta Bogor berangkatkan tiga bus mudik gratis
Baca juga: Polresta Bogor sediakan tiga bus mudik gratis jalur selatan Jawa

Marse mengatakan lebih lanjut, Pemerintah Kota Bogor tahun ini tidak menggelar mudik gratis, karena pelaksanaan mudik gratis akan dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Untuk tahun ini kita tidak ada. Ada beberapa titik yang dipilih Kemenhub, salah satunya terdekat Kabupaten Bogor,” kata Marse.

Begitu juga pelaksanaan mudik gratis dari CSR sejauh ini belum ada perusahaan atau organisasi yang mengajukan.

“Sama dengan tahun lalu juga tidak ada. Belum ada arahan lebih lanjut. Tapi, yang pasti kita tidak merencanakan untuk pelaksanaan mudik gratis. Kecuali ada organisasi yang mungkin melaksanakan mandiri,” katanya.

Baca juga: Polres Bogor lakukan ramp check bus jelang arus mudik Lebaran

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub melakukan persiapan Terminal tipe A Baranangsiang Kota Bogor Jawa Barat untuk mudik lebaran 2024.

Sekretaris BPTJ Marta Hardisarwono mengatakan, BPTJ melakukan pendataan angkutan penumpang bus dan jumlah penumpang yang masuk keluar terminal.

“Pemeriksaan kesehatan awak bus dan penumpang dilakukan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja,” katanya. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024