Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat mengungkapkan bahwa pihaknya bersama perbankan menyiapkan uang tunai senilai Rp13,2 triliun untuk kebutuhan penukaran uang periode Lebaran 2024.

"Melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi), untuk se-Jawa Barat kita siapkan Rp13,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan di Jabar yang kita salurkan ke tiap cabang kita," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Muhamad Nur di Bandung, Rabu.

Muhamad Nur menjelaskan bahwa Rp13,2 triliun dana tersebut didistribusikan oleh tiga kantor perwakilan BI di Jawa Barat yaitu Perwakilan BI Jabar di Bandung sekitar Rp9 triliun, kantor Bank Indonesia di wilayah Cirebon sekitar Rp3,2 triliun, dan Kantor Bank Indonesia di wilayah Tasikmalaya (Priangan Timur) sekitar Rp1,9 triliun.

Baca juga: BI kucurkan Rp108 miliar penukaran uang baru di Sukabumi

Pembagian ini, mempertimbangkan kebutuhan uang tunai di Jawa Barat yang paling tinggi 61,3 persen dari wilayah Priangan (di luar Bodebek), diikuti wilayah Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan (Ciayumajakuning) sebesar 23,7 persen, dan wilayah Priangan Timur sebesar 15 persen.

"Uang tunai sebesar Rp13,2 triliun ini, juga lebih tinggi dari proyeksi kebutuhan uang masyarakat sebesar Rp13,1 triliun yang mengacu pada 2023 lalu," ucapnya.

Layanan penukaran uang ini dilaksanakan di 306 titik yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat yang mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jawa Barat, layanan kas keliling Bank Indonesia, penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol.

Baca juga: BI Bogor siapkan uang baru Rp2 miliar

 

Pewarta: Ricky Prayoga

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024