Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan meniru Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam melakukan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Jalupang.

Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Kamis, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mempersiapkan pengelolaan sampah yang baik di TPA sampah.

Ia mengatakan, tahap awal persiapan yang dilakukan dalam pengelolaan sampah yang baik dan bernilai ekonomis ialah memperluas lahan TPA yang berlokasi di Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Karawang.

Baca juga: Bupati Karawang janji akan prioritaskan pembangunan di daerah TPA Jalupang
Baca juga: Pemkab Karawang Jabar pastikan akan lakukan perluasan TPA sampah Jalupang

"Sekitar sebulan lalu, kami berkunjung ke Banyumas untuk melihat dari dekat pengelolaan sampah berkelanjutan. Kenapa ke Banyumas?, Karena itu adalah daerah terbaik di Indonesia dalam hal pengelolaan sampah," katanya.

Sebagai tindak lanjut, kata dia, perwakilan dari Banyumas akan segera berkunjung ke Karawang untuk melakukan pendampingan agar pengelolaan sampah di TPA sampah Jalupang Karawang bisa sebaik yang dilakukan di Banyumas.

Sistem pengelolaan sampah di Banyumas dinilai baik oleh berbagai pihak, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) termasuk Program Smart Green ASEAN Cities (SGAC)-United Nations Capital Development Fund (UNCDF).

Baca juga: Bupati Karawang: Kelola sampah dengan baik di lokasi TPS

Bupati menyampaikan bahwa pengelolaan sampah yang baik di TPA mutlak harus dilakukan agar memiliki dampak signifikan dalam menciptakan komoditas baru bernilai ekonomis. Sehingga nantinya bisa dinikmati oleh warga setempat.

"Kalau nanti sudah jalan (pengelolaan sampah di TPA), saya yakin menjadi terobosan baru dan berdampak luas, baik dari segi pengelolaan sampah maupun penghasilan warga yang tinggal di sekitar TPA," katanya. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024