Sebanyak 1.000 orang petugas sortir dan lipat atau sorlip suara pemilu di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat diimbau untuk rajin minum air mineral sehingga terus terhidrasi serta mampu menjaga stamina tubuh agar kondisi tubuh lebih stabil.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan saat meninjau proses sorlip bersama jajaran forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) setempat di gudang logistik KPU Kabupaten Bekasi, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur, Rabu (17/1).

"Jadi tadi saya pesankan jangan kurang minum agar tetap terhidrasi dan stamina terjaga. Satu lagi, harus bisa menjaga agar tidak ada tetesan air ke surat suara dan kalau merasa capai jangan memaksakan diri. Kita siapkan petugas medis agar segera ditangani untuk dapat istirahat," katanya.

Baca juga: Warga Bekasi antusias jalankan tugas sortir dan lipat surat suara pemilu 2024

Dia mengatakan menjaga kebugaran penting bagi seluruh petugas sorlip terlebih gudang logistik yang digunakan KPU Kabupaten Bekasi dirancang bukan untuk tempat bekerja melainkan hanya untuk menyimpan barang.

"Tetapi secara umum gudang sudah representatif. Mudah-mudahan dari target yang ditetapkan KPU untuk tahap sortir dan pelipatan ini bisa kita selesaikan sesuai jadwal dan dapat segera dilanjutkan ke tahap berikutnya yakni pendistribusian," ucapnya.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi Ali Rido mengatakan selain menyiapkan air mineral bagi para petugas sorlip, pihaknya juga menyediakan fasilitas kipas angin agar dapat membuat suasana di dalam gudang lebih sejuk sekaligus mampu mendorong sirkulasi udara.

Baca juga: Ratusan surat suara Pemilu 2024 di Bekasi rusak

"Karena sejauh ini yang dikeluhkan dari para petugas sorlip memang tentang suhu panas di dalam ruangan ini," katanya.

Merespon keluhan itu, Dani Ramdan langsung menginstruksikan Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Bekasi agar dapat membantu menyediakan pendingin ruangan portabel di gudang logistik.

"Alhamdulillah tadi kami sudah berkoordinasi dan ke depan Insya Allah akan disediakan AC portabel untuk memberikan kenyamanan bagi para petugas sorlip surat suara," kata Ali.

Baca juga: KPU Kabupaten Bekasi libatkan 1.000 pekerja sortir dan lipat surat suara

Kepala Bagian Umum pada Setda Kabupaten Bekasi Khaerul Hamid mengatakan segera menindaklanjuti keluhan petugas sorlip sesuai instruksi Penjabat Bupati Bekasi dengan menyiapkan sarana dan prasarana pendukung yang dimaksud.

"Sedang kita siapkan kebutuhan umum terkait sarana dan prasarana seperti pendingin ruangan portabel sebanyak delapan unit agar bisa digunakan mulai besok di gudang logistik ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024