Bogor (Antara Megapolitan) - Bekerja dengan minat atau kegemaran akan menimbulkan semangat yang menggiring kesuksesan, demikian dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat mengisi seminar `Passion and Life Purpose` di Bogor, Minggu.

"Hidup itu tentang `passion`. Ada ribuan mahasiswa tetapi hanya beberapa persen saja yang mempunyai `passion` dan punya semangat," kata Bima.

Di hadapan 200 mahasiswa peserta seminar, Bima menyebutkan, seseorang yang tidak mempunyai minat atau `passion` tidak akan kemana-mana.

"Untuk mendapatkan `passion` dan semangat adalah dengan menjadi sebuah buku yang terbuka yang siap untuk diisi berbagai perspektif kehidupan," katanya.

Menurutnya, seorang pemenang merupakan seorang yang bisa beradaptasi dan berinovasi dan hal tersebut hanya bisa dilakukan jika menjadi buku yang terbuka. Sedangkan, mereka yang berfikir sempit, setengah tertutup, dan pesimis akan jalan di tempat. Karena tidak ada orang besar yang lahir dari sifat pesimis.

"Bagaimana mau maju kalau tidak fleksibel hidup ini tentang adaptasi dan berkompotensi," katanya.

Bima mengatakan, setiap tokoh besar mempunyai sosok yang diidolakan, yang memberinya motivasi. Sosok idola itu turut menjadi ukuran dan memacu keberhasilan. Hidup juga harus mempunyai nilai yang mengarah pada apa yang dituju.

"Seseorang juga harus memiliki role model untuk memotivasi dirinya," kata Bima.

Politisi Partai Amanat Nasional itu mengajak agar mahasiswa sedari muda harus sudah melatih membagi waktu dan membangun konsentrasi agar menjadi orang sukses.

"Hidup ini hanya sekali harus penuh arti. Selama langkah kita diiringi dengan nilai-nilai hidup akan penuh makna," kata Bima.

Unit Kerja Mahasiswa (UKM) AIESEC yang merupakan organisasi internasional di bidang kepemimpinan pemuda menggelar seminar `Passion and Life Purpose` di Gedung Auditorium FMIPA, IPB Dramaga.

Seminar yang diikuti 200 peserta siswa dan mahasiswa ini mengajak anak muda untuk bisa bekerja sesuai dengan minatnya tanpa ada tekanan dari orang lain.

"Kami mengamati masih banyak mahasiswa yang belum memiliki `passion` dalam bekerja. Melalui seminar ini, kami mengundang pembicara yang akan memberikan inspirasi salah satunya Wali Kota Bogor Bima Arya," kata Ketua Panitia, Vernanda Fairuz.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017