Para siswa SMP, SMK dan SMA melangsungkan kegiatan berbagi pengetahuan dan aktivitas kemanusiaan, untuk mengisi liburan sekolah di awal tahun 2024.  

Para siswa yang berinisiatif menyelenggarakan adalah Sora Algamar dan Syahida Adilah dari SMK IDN Boarding School; Putie Hikari dari SMP Nassa School; Moh. Athif dari SMA Pesantren Babussalam. 

"Kami ingin memastikan liburan semesteran ini dapat diisi dengan kegiatan yang bermanfaat, sekaligus melatih ketrampilan sosial dalam bernegosiasi, berkomunikasi dengan berbagai kalangan, juga berorganisasi dengan siswa sekolah lain untuk bikin kegiatan publik," ujar Sora Algamar, dalam keterangannya, Kamis.

Sora Algamar mendapatkan gelar siswa terbaik untuk kategori Bahasa Inggris selama 1 semester, dan sering mewakili sekolah dalam berbagai lomba.

Kegiatan pertama, bertempat di Café Ngopi di Halaman, Jakarta Selatan, berupa mini Workshop bertajuk “Anak Muda Melek IT, Pinter Ngaji”, yang mengupas tentang pendidikan Software Engineer dan bagaimana internet bekerja serta masa depan berkarir di bidang IT oleh Sora Algamar bersama Abithah Adiwijaya dari SMK IDN Boarding School. 

Kegiatan memperkenalkan dunia IT ini, dilakukan kepada 20 peserta workshop dari berbagai kalangan.

Kegiatan kedua ialah Bakti Sosial dan Mengajar Bahasa Inggris 16 anak-anak di Sanggar Kabasa, Bekasi. 

Para pengajarnya Sora Algamar, Syahida Adilah, Putie Hikari dan Moh. Athif, juga membagikan sembako dan paket alat tulis untuk murid-murid di Sanggar tersebut. 

Para siswa-siswi ini berinisiatif menyelenggarakan kegiatan tersebut dari mulai perancangan kegiatan, penggalangan dana, mengajukan permohonan izin kepada pihak sanggar hingga pelaksanaan kegiatan secara mandiri. 

"Saya merasa masa depan kami akan lebih sulit karena perang dan perubahan iklim. Makanya, kami tidak boleh manja dan harus mandiri untuk saling membantu sesama. Di sekolah, Saya memang aktif di OSIS SMP, bahkan terpilih membantu program OSIS SMA," ujar Putie Hikari peraih medali perunggu Olimpiade Nasional bidang Bahasa Inggris dan Juara Pertama Lomba Pidato Nassa School.

Tapi, saya merasa kita harus aktif juga di luar sekolah, karena kita akan berjumpa dengan lebih banyak orang, yang memilki kepentingan, karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda.

Pewarta: Pewarta Antara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024