PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bekasi menyiagakan 316 petugas demi menjaga keandalan pasokan listrik selama periode Hari Raya Natal hingga Tahun Baru 2024 dengan fokus pengamanan tempat ibadah.

"Kemarin apel siaga pasukan berikut peralatan telah kami lakukan untuk memastikan keandalan pasokan listrik selama Nataru (Natal-Tahun Baru) dengan tema kobarkan semangat membawa terang di seluruh penjuru negeri," kata Manajer PLN UP3 Bekasi Redi Zusanto di Bekasi, Kamis.

Dia mengatakan selama periode itu pihaknya menyiagakan sebanyak 316 orang yang terdiri atas 44 pegawai, 180 petugas pelayanan teknis, serta 90 personel jasa konstruksi.

Baca juga: PLN Bekasi turut tanam 300 bibit pohon hijaukan negeri

"Kami juga menyiagakan 33 unit mobil operasional, 13 unit motor, empat unit perahu karet, sembilan unit pompa penyedot air, tujuh genset, satu UPS, 16 UGB, dua UKB, dan satu unit Crane," katanya.

Kemudian posko siaga di enam unit layanan pelanggan yang diperkuat sembilan posko pembantu masing-masing di Cabangbungin, Muaragembong, Mekar, Kalimalang, Bantargebang, Pekayon, Harvest, Grand Wisata, dan area rehat Km 19A Tol Jakarta-Cikampek.

"Kita juga akan siap siaga menjaga lokasi penting yakni tempat ibadah yang berjumlah 20 gereja di Bekasi dan 19 area publik. Intinya, kami akan jamin pasokan listrik pada Nataru 2024 ini agar prosesi perayaan Natal bagi umat Nasrani bisa berjalan dengan lancar dan khidmat," ucapnya.

Baca juga: PLN Bekasi catat 969 pelanggan nikmati program diskon tambah daya

General Manager PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia memastikan pasokan listrik untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 cukup bahkan memiliki cadangan daya yang aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa tenang berlibur menikmati perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Saat ini PLN UID Jabar disuplai dari 17 subsistem dengan total kapasitas 14.041 MW dengan beban puncak 8.295 MW. Cadangan daya mencapai 6.181 MW. Sehingga bisa dipastikan pelayanan ke masyarakat aman," katanya.

Susiana juga mengimbau masyarakat untuk waspada di musim penghujan karena kondisi cuaca ekstrem dapat berpotensi menyebabkan terjadi gangguan listrik.

Baca juga: PLN hadirkan program layanan isi daya kendaraan listrik di rumah

Ia meminta masyarakat yang hendak bepergian ke luar kota untuk dapat mengamankan listrik di rumah masing-masing dengan mematikan sambungan listrik serta semua barang elektronik dalam kondisi mati.

"Masyarakat yang membutuhkan layanan kelistrikan maupun melakukan pengaduan gangguan kelistrikan saat ini tidak perlu repot datang ke kantor PLN. Semua informasi kelistrikan dapat diakses melalui SuperApp PLN Mobile yang dapat diunduh di Playstore dan Appstore," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023