Purwakarta (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menggulirkan gerakan "Purwakarta Resep Maca" (Purwakarta Suka Membaca) untuk meningkatkan minat baca buku di kalangan masyarakat setempat.

Bupati setempat Dedi Mulyadi, di Purwakarta, Rabu, mengatakan, program itu terinisiasi pensiunan salah satu perusahaan BUMN Udju Djunaedi (68) yang sehari-hari menjadi pustakawan keliling di daerahnya, di Desa Gunung Hejo, Kecamatan Darangdan.

Ia mengatakan, "resep maca" merupakan bahasa Sunda yang maknanya berarti suka membaca. Program itu digulirkan untuk membangun tingkat kesukaan masyarakat Purwakarta, khususnya pelajar, terhadap minat membaca.

Abah Udju sendiri yang juga memiliki keahlian membuat suling dari bambu, sebelum diangkat menjadi Tenaga Harian Lepas oleh Pemkab Purwakarta setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB menjumpai anak-anak di 10 desa sekitar Kecamatan Darangdan.

Tetapi setelah diangkat menjadi tenaga harian lepas Pemkab Purwakarta yang bertugas membuat suling, abah Udju hanya berkesempatan menjadi pustakawan keliling setiap Sabtu, saat libur kerja.

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan abah Udju, bupati kemudian menggulirkan program Purwakarta Suka Membaca, cakupannya di seluruh desa sekitar Purwakarta.

"Jadi nanti perangkat desa di masing-masing daerahnya akan menjadi pustakawan keliling, kita siapkan 200 sepeda, satu desa atau kelurahan punya satu pustakawan keliling. Linmas kan bisa kita berdayakan," kata Dedi.

Untuk suplai bukunya, bupati sudah memberikan instruksi melalui sms center 08121297775 kepada seluruh pegawai untuk menghibahkan buku milik mereka kepada para pustakawan keliling.

Pengumpulan bukunya dikoordinir Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purwakarta di Jalan Veteran Kompleks Perum Griya Asri No 1 Kelurahan Ciseureuh Purwakarta.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017