Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Ari Kuncoro mengatakan penyelenggaraan UI I-GOV Expo 2023 dapat menjadi wadah berbagi ide dan pengalaman.

"Kegiatan ini menjadi momentum baik untuk berbagai pihak bersinergi sehingga dapat menghasilkan produk inovatif dan program digitalisasi yang mendorong efektivitas," ujar Prof. Ari Kuncoro di kampus UI Depok, Kamis.

UI I-GOV Expo 2023 telah diselenggarakan selama dua hari pada 5-6 Desember 2023 di Balairung UI dengan tujuan untuk membangun kolaborasi pentahelix, yaitu antara pihak akademisi, pelaku usaha, masyarakat, pemerintah, juga media massa dalam mendorong kesejahteraan bangsa melalui inovasi digitalisasi. 

Prof. Ari Kuncoro mengatakan kegiatan ini mengusung tema "Sinergi dan Kolaborasi Pendorong Kesejahteraan Rakyat Melalui Digitalisasi". 

"Tema ini diambil karena digitalisasi merupakan kunci untuk mendorong pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini menjadi momentum baik untuk berbagai pihak bersinergi sehingga dapat menghasilkan produk inovatif dan program digitalisasi yang mendorong efektivitas," katanya.

Direktur Kerjasama UI, Dr. Toto Pranoto mengatakan dengan mempertimbangkan upaya dan inovasi yang telah dilakukan oleh berbagai sektor, UI berusaha mendorong kerja sama yang lebih intensif di bidang digitalisasi. 

"Diharapkan UI I-GOV Expo 2023 dapat membangun jejaring yang kuat," katanya.

Dalam kegiatan ini, terdapat 40 exhibitors dari pihak internal dan eksternal yang ikut dalam pameran. Kemudian ada layanan pengaturan paspor oleh kantor imigrasi dan layanan perpanjangan SIM baru.

Terdapat pula penandatanganan 35 dokumen Nota Kesepahaman Bersama (NKB) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan para mitra.”

Penandatanganan NKB dan PKS dilakukan antara UI, yang diwakili oleh Prof. Ari Kuncoro, dengan 13 mitra yang terdiri atas Pemerintah Daerah, Kementerian/Lembaga, hingga Perguruan Tinggi. 

Di antaranya, Muhammad Jalu Redo Ari Wibowo (PT BRI); Dr. H. Suhajar Diantoro M.Si. (Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri); Dwi Larso (Direktur LPDP); Muhammad Taslim Chairuddin S.I.K., M.H. (Wakil Gubernur Akpol) dan Rektor Binus, Warek UIN Jakarta.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan PKS yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang Kerja sama dan Aset UI Prof. Dedi dengan mitra mitra UI meliputi PT Mitra Adi Perkasa Tbk., PT Bank Muamalat Indonesia, PT Pembayaran Lintas Usaha Sukses, Kabupaten Lombok Tengah, Komite Seni Budaya Nusantara, Yayasan Pendidikan Sorowako, PT Asuransi Astra Syariah.

Pada kesempatan tersebut, UI memberikan penghargaan kepada para kolaborator dari mitra eksternal UI sebagai bentuk apresiasi atas kerja sama yang telah berlangsung. 

Pada kategori Filantropis, UI memberikan penghargaan kepada PT PLN (Persero) sebagai Kolaborator Mitra Akademik; PT BRI (Persero) Tbk. sebagai Kolaborator untuk Inovasi UI; PT Bayan Resources Tbk sebagai Kolaborator Bantuan Industri/Hibah; serta penghargaan kepada Mitra Binaan UI Halal Center. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023