Sukabumi (Antara Megapolitan) - Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengimbau warga agar tidak terprovokasi pascapengrusakan Markas Polsek Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat oleh ribuan massa pada Jumat, (3/2).

"Seharusnya warga khususnya dari Kampung Pajagan, Desa Cikahuripan, Kecamatan Cisolok tidak main hakim sendiri dengan cara merusak kantor polisi tersebut, karena semua permasalahan bisa dibicarakan untuk mencari solusinya," katanya di Sukabumi, Sabtu.

Menurut orang nomor dua di Kabupaten Sukabumi tersebut seharusnya kejadian tersebut tidak perlu terjadi jika warga melakukan komunikasi terlebih dahulu dengan pihak kepolisian.

Selain itu, setiap ada permasalahan jangan cepat tersulut emosi dan tidak mudah terprovokasi, sebab bisa merugikan semua pihak. Maka dari itu, ia mengajak seluruh warga untuk selalu menjaga dan menciptakan suasan kondusif.

Lebih lanjut, di setiap daerah pasti ada yang dituakan atau jika menemukan permasalahan agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak pemerintahan seperti kepala desa atau yang dipercaya.

Sehingga semua permasalahan bisa diselesaikan tanpa harus berbuat kekerasan dan anarkis. Pihaknya juga meminta warga untuk bisa menahan diri pascapengrusakan tersebut dan jangan mudah percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Kami juga mengimbau kepada apara penegak hukum yang tengah menjalankan tugasnya untuk selalu berhati-hati dan selalu berkomunikasi dengan sesepuh di daerah agar tidak terjadi kembali kesalah pahaman seperti ini," tambah Adjo.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Mokhamad Ngajib mengatakan kasus pengrusakan tersebut karena adanya kesalahan komunikasi, padahal anggota Satuan Reskrim yang tengah melakukan penyelidikan terkait penangkapan benur lobster membawa surat perintah dan sesuai prosedur.

Ada kemungkinan informasi yang diterima warga berbeda, sehingga memicu massa untuk melakukan aksi anarkis. Padahal anggota yang ditugaskan tersebut sudah menjalankan tugasnya sesuai aturan.

"Saat ini kami masih menyelidiki kasus pengrusakan tersebut dan saat ini kondisi keamanan di Mapolsek Cisolok sudah kondusif namun anggota belum bisa bekerja maksimal karena banyak fasilitas yang rusak," katanya.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017