Sepeda listrik ramah lingkungan hadir di kawasan komersial terpadu Cikarang yang ditandai dengan peluncuran perdana hasil kerja sama PT Lippo Cikarang Tbk dengan salah satu perusahaan mobilitas mikro terkemuka di Asia Pasifik Beam Mobility.

Chief Operating Officer (COO) PT Lippo Cikarang Tbk Gita Irmasari mengatakan polusi udara menjadi persoalan yang mengganggu kesehatan masyarakat, bahkan kadar polusi di beberapa kota besar Indonesia telah melampaui ambang batas aman.

"Dan transportasi dinilai menjadi penyumbang terbesar polusi udara di Indonesia, hingga 44 persen. Maka dari itu kami bersama Beam Mobility menghadirkan layanan kendaraan listrik berupa sepeda yang disebut beam rover di kawasan komersial dan hunian Lippo Cikarang," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Lippo Cikarang Cosmopolis hadirkan hunian terjangkau nuansa artistik modern

Dia meyakini kendaraan pintar dan ramah lingkungan ini mampu membantu mobilitas masyarakat di dalam kawasan, sekaligus mengurangi emisi karbon sehingga udara menjadi lebih bersih, nyaman, dan minim polusi.

Kehadiran sepeda listrik ramah lingkungan ini sekaligus menguatkan dukungan terhadap agenda keberlanjutan Indonesia yang relevan dengan lini usaha perusahaan melalui program Lippo untuk Indonesia Pintar, Asri, Sejahtera, Tangguh, dan Independen (PASTI).

"Kerja sama ini merupakan implementasi nyata dari komitmen ESG perusahaan yang mendukung dekarbonisasi dan gaya hidup berkelanjutan warga Indonesia, khususnya terkait aspek Asri mencakup terwujudnya kualitas udara bersih dan penggunaan energi ramah lingkungan," katanya.

Baca juga: Hari Bebas Kendaraan Meikarta tingkatkan ekonomi masyarakat

Country Lead Beam Mobility Indonesia Ricky Sjofyan mengaku senang dapat berkolaborasi dengan PT Lippo Cikarang Tbk.

"Tentu kami bersyukur karena Beam Mobility bisa memperluas jangkauan hingga kawasan perumahan dan komersial di Lippo Cikarang. Upaya ini kami lakukan untuk memudahkan mobilitas pengguna juga mendukung program pemerintah Indonesia guna mengurangi emisi karbon," katanya.

Beam Mobility meluncurkan 500 unit yang tersebar di lebih dari 60 titik parkir kawasan Lippo Cikarang. Kendaraan ini dapat digunakan seluruh warga Lippo Cikarang dan sekitar untuk kegiatan sehari-hari maupun sekedar berkeliling kawasan.

Baca juga: Lippo Cikarang raih prapenjualan Rp941 miliar dengan pendapatan Rp801 miliar

Beam Rover dari Beam Mobility memiliki batas kecepatan maksimal hingga 25 kilometer per jam, dilengkapi fitur teknologi IoT sehingga kondisi kendaraan dapat dimonitor secara terkini melalui aktivasi geofencing. Selain itu secara otomatis dapat mendeteksi permasalahan seperti ketika diperlukan penggantian baterai.

Selama periode peluncuran ini,  kata dia, pengguna mendapatkan potongan harga layanan hingga 50 persen dengan tarif Rp350 per menit selama penggunaan mulai 1 Desember hingga 14 Desember 2023.

"Setelah periode peluncuran berakhir, pengguna layanan ini kembali dikenakan tarif normal yakni Rp700 setiap menempuh perjalanan berdurasi satu menit. Jadi tunggu apa lagi, ekonomis, nyaman, tanpa emisi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023